Sukses

Digempur PUBG, Mobile Legends Pede Tak Bakal Kalah Saing

Liputan6.com, Jakarta - Mobile Legends: Bang Bang boleh jadi merupakan salah satu gim populer di Indonesia, tapi bukan berarti gim mobile ini bisa melenggang tanpa menghadapi persaingan.

Salah satu pesaingnya yang juga tengah naik daun adalah PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG). Melihat persaingan ini, pihak Mobile Legends mengaku optimis tidak akan tergeser.

Operational Manager Moonton Indonesia, Dimaz Wiratama S, mengatakan bahwa pihaknya tidak memandang sebelah mata soal persaingan di industri gim.

Kendati demikian, ia yakin dengan segala upaya memaksimalkan layanannya, Mobile Legends akan tetap menjadi gim yang populer. Moontoon sendiri merupakan developer dan publisher Mobile Legends.

Hal tersebut disampaikannya ketika diminta menangapi persaingan gim mobile, termasuk dengan kehadiran PUBG.

"Kami selalu mengantisipasi persaingan, ketika mereka punya fitur baru, kami tidak lansung 'menyerang', tapi memikirkan apa yang bisa kami berikan dan tentunya lebih baik," ungkap pria yang dipanggil Wira tersebut dalam konferensi pers Mobile Legends di kawasan Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Strategi di Indonesia sendiri, kata Wira, pihaknya akan menambah konten lokal dan lebih memahami budaya Tanah Air. Hal ini dinilai dapat membuatnya lebih unggul dari para kompetitor.

"Kami akan mengenali budaya Indonesia dengan lebih baik, sehingga bisa memberikan yang benar-benar sesuai. Jadi, kami optimis bisa tetap nomor satu," tuturnya.

 

2 dari 3 halaman

Buka Kantor di Indonesia

Moonton pun menegaskan komitmennya di Indonesia dengan berencana membuka kantor di wilayah Jakarta dalam waktu dekat ini.

Pihaknya sedang mencari lokasi yang tepat, serta melakukan perekrutan karyawan untuk tim customer service, operasional dan pemasaran.

Selain itu, Mobile Legends juga akan terus menambah konten lokal, termasuk menghadirkan hero atau karakter dari Indonesia. Sebelumnya, Gatotkaca sudah hadir dan kini ada karakter baru bernama Kadita, yang terinspirasi dari legenda ratu samudera Indonesia.

Wira pun memastikan akan ada lebih banyak pengisi suara Indonesia untuk karakter Mobile Legends. Saat ini, artis Jessica Iskandar dipilih untuk mengisi suara karakter Layla.

"Kami akan terus menghadirkan konten lokal, termasuk karakter dan pengisi suara dari Indonesia. Kami yakin akan terus tumbuh di Indonesia, yang merupakan pasar terbesar Mobile Legends," jelas Wira.

3 dari 3 halaman

Indonesia Penyumbang Pengguna Aktif Terbesar untuk Mobile Legends

Mobile Legends: Bang Bang merupakan salah satu gim mobile terpopuler di Indonesia.

Berdasarkan pernyataan Operational Manager Moonton Indonesia, Dimaz Wiratama S. jumlah pengguna aktif bulanan Mobile Legends di Indonesia kini mencapai 50 juta.

Mobile Legends saat ini memiliki total 170 juta pengguna aktif per bulan di seluruh dunia dan Indonesia merupakan kontributor terbesar.

"Pengguna aktif bulanan dari Indonesia jumlahnya 50 juta lebih, dan itu merupakan yang paling besar dibandingkan negara-negara lain," tutur pria yang akrap disapa Wira ini dalam acara konferensi pers Mobile Legends: Bang Bang di kawasan Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Tak hanya itu, Indonesia pun merupakan penyumbang terbesar untuk jumlah pengguna yang melakukan registrasi.

Saat ini, gim multiplayer online battle arena (MOBA) itu memiliki 200 juta lebih pengguna teregistrasi secara global, dengan 70 juta di antaranya berasal dari Indonesia. Gim ini tersedia di 100 negara dengan dukungan 22 bahasa.

Tingginya popularitas Mobile Legends di Indonesia, membuat Moonton sebagai developer gim tersebut menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan Tanah Air.

Mitranya di Indonesia termasuk dari operator seluler hingga televisi nasional.

"Kami kerja sama dengan banyak mitra lokal, termasuk operator seluler dengan menyediakan paket data khusus. Kami memiliki komitmen kuat di Indonesia, termasuk menjalin kerja sama dengan perusahaan lokal, karena memang Indonesia merupakan pasar nomor satu untuk kami," ungkap Wira.

Mobile Legends merupakan gim yang didesain untuk ponsel Android dan iOS. Sejak dirilis pada 2016 sampai sekarang, gim ini sudah memiliki 63 hero dengan salah satunya Gatotkaca yang merupakan tokoh pewayangan populer dari Indonesia.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Akibat Kecanduan Gim PUBG, Bocah 13 Tahun Tewas Mengenaskan
Artikel Selanjutnya
Pengembang Mobile Legends Bakal Buka Markas di Indonesia