Sukses

UniPin Gelar Turnamen eSports Internasional dengan Total Hadiah Rp 80 Miliar

Tercatat, akan ada dua jenis turnamen eSports yang akan diadakan, yakni South East Asian Cyber Arena (SEACA) dan World Electronic Sport Games (WESG).

Liputan6.com, Jakarta - UniPin eSports, komunitas gim eSports lokal, dilaporkan akan mengadakan turnamen eSports berskala internasional dalam waktu dekat.

Tercatat, akan ada dua jenis turnamen eSports yang akan diadakan, yakni  South East Asian Cyber Arena (SEACA) dan World Electronic Sport Games (WESG) yang akan diselenggarakan pada 17 Oktober–21 Oktober 2018 bertempat di Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat.

Event akbar ini memperoleh dukungan besar dari pihak-pihak terkait, seperti Garena, Moonton, dan masih banyak lagi.

South East Asian Cyber Arena (SEACA) merupakan kompetisi eSports internasional pertama yang diselenggarakan sendiri oleh UniPin eSports dengan tujuan memenuhi tingginya antusiasme para atlet eSports di negara-negara ASEAN.

Event SEACA ini akan memperebutkan total hadiah senilai US$ 100.000 (Rp 1,4 miliar) dan mempertandingkan beberapa jenis gim, mulai dari Mobile Legends: Bang Bang, Arena of Valor, PlayerUnknown’s Battlegrounds, Point Blank, dan DOTA 2.

Saat ini masih berlangsung babak kualifikasi SEACA yang sudah dilakukan di 16 kota, yaitu Jakarta, Tangerang, Bekasi, Parung, Bandung, Medan, Bogor, Cirebon, Gresik, Palembang, Bali, Makassar, Purwakarta, Yogyakarta, Semarang dan Lampung.

Pendaftaran kualifikasi kompetisi eSports masih dibuka hingga 10 Agustus 2018, dan para pemenang babak kualifikasi akan bertanding pada bulan Oktober nanti.

Adapun World Electronic Sport Games (WESG) 2018 merupakan sebuah kompetisi eSports terbesar di dunia yang diadakan oleh Alisports.

Event eSports akbar ini melibatkan partisipan sebanyak 38 negara untuk kualifikasi online, dan kualifikasi final diselenggarakan secara major offline yang melingkupi negara kawasan seperti China, Jepang, Amerika Serika, Kanada, Rusia, Asia Tenggara (Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapore, Thailand dan Vietnam) dan lain-lain.

WESG sendiri didukung oleh Alisports, Air Asia, Agri Mind, Beyond, Mogu, Charterprime, UniPin eSports dan para peserta event ini akan memperebutkan total hadiah sebesar US$ 5.500.000 atau setara dengan Rp 80 miliar.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antusiasme eSports

Menurut informasi yang dilansir Forbes, valuasi industri eSports mencapai US$ 500.000.000 pad 2017 dengan angka pertumbuhan setiap tahunnya sebesar 40 persen. Bahkan, diprediksi pada 2021 akan mencapai US$ 1.700.000.000.

"Besarnya valuasi industri eSports juga menjadi sebuah motivasi bagi UniPin eSports bergerak cepat untuk mengembangkan industri eSports ditanah air dan internasional.” Ujar Ashadi Ang selaku CEO & Co Founder UniPin.

“Setelah saya dan tim melakukan perjalanan ekspansi bisnis UniPin ke negara-negara kawasan Asia Tenggara, kami melihat dan menemukan peluang baru pada industri eSports," lanjutnya.

Menurut Ashadi, setiap negara mempunyai potensi eSports yang luar biasa dan kami menangkap potensi dan antusiasme ini sebagai sebuah visi baru untuk membangun komunitas eSports terbesar yang bisa menginspirasi seluruh atlet eSports diberbagai belahan dunia, khususnya di Indonesia.

"Hal inilah yang mendasari kami membentuk UniPin eSports, untuk merealisasikan visi dalam 1- 3 tahun kedepan. Harapan kami ini dapat memberikan kontribusi besar bagi komunitas eSports di dunia," pungkasnya.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.