Sukses

5 Jenis Rekayasa Teknologi Sains Paling Keren di 2018

Jakarta - 2018 diwarnai dengan rangkaian inovasi teknologi yang beragam. Menariknya, teknologi yang menjadi tren di tahun ini tidak cuma berfokus pada kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence).

Beberapa inovasi teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan besar, bahkan direkayasa menjadi teknologi sains yang dapat membantu umat manusia, terutama di bidang kesehatan dan gaya hidup. 

Laman DW, pada Kamis (16/8/2018), merangkum lima (5) jenis rekayasa teknologi sains yang menjadi sorotan di tahun ini. Apa saja? Berikut daftarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kecerdasan Buatan Jadi Keseharian

2018 ditandai dengan kecerdasan buatan yang menemani keseharian manusia. Kecerdasan buatan pada smartphone misalnya, bisa bereaksi atas kebutuhan pribadi pemiliknya.

Dengan membangun jejaring data bersama mobil cerdas dan rumah cerdas, manusia akan diawasi terus menerus oleh perangkat cerdas ini. Sulit dipastikan, apakah kita cukup cerdas untuk menghindari efek negatifnya?

3 dari 6 halaman

Manusia Hasil Rekayasa Genetika

Amerika Serikat pada 2017, mengizinkan penyembuhan dua jenis kanker darah dan penyebab kebutaan, lewat terapi genetika.

Caranya dengan modifikasi gen kekebalan tubuh pasien, agar mengenali sel kanker sebagai musuh dan membunuhnya.

Sementara pada kasus kebutaan, rekayasa genetika dilakukan langsung pada gen tertentu di mata, tanpa mempengaruhi bagian tubuh lain.

4 dari 6 halaman

Mengoperasi Embrio Dalam Kandungan

Menggunting gen yang sakit dan menggantinya dengan gen sehat, pada janin yang masih dalam kandungan, juga telah sukses diujicoba di Amerika Serikat.

Eksperimen dilakukan pada emrbio dalam rahim yang mengidap kelainan jantung. Terapi gen semacam ini diharapkan bisa menyembuhkan kanker, sistik fibrosis, atau HIV.

5 dari 6 halaman

Mikro Organisme Jadi Pabrik Obat

Teknik rekayasa genetika pada 2018 juga membuka cakrawala baru dalam bidang biologi sintetik.

Gabungan cabang biologi dan teknik keinsinyuran, akan melakukan modifikasi DNA mikro organisme menjadi pabrik farmasi ukuran mikro.

Makhluk hidup artifisial mikro, nantinya bisa direkayasa memproduksi insulin atau molekul yang jadi basis pembuatan obat baru.

6 dari 6 halaman

Manusia Cyborg Hasil Cetakan

2018 juga ditandai dengan makin canggihnya teknologi perangkat pencetak tiga dimensi.

Diramalkan, nantinya tubuh manusia juga bisa dicetak 3D, menggunakan tinta bio-kompatibel.

Artinya, organ buatan printer itu tidak akan ditolak oleh sistem kekebalan tubuh. Tren kedokteran ini baru berjalan di tahapan awal, tetapi perkembangannya diramalkan bakal berjalan sangat pesat.

Reporter: DW Indonesia

Sumber: DW.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.