Sukses

Lebih Canggih, S Pen Galaxy Note 9 Punya Bluetooth dan Bisa Ambil Foto

Liputan6.com, New York - Samsung resmi memperkenalkan smartphone terbaru Galaxy Note 9 di New York, Amerika Serikat, Kamis (9/8/2018) malam.

Smartphone seri Note memiliki satu perbedaan unik dari perangkat seri Samsung lainnya, yakni stylus S Pen. Setelah satu tahun, Samsung memperbarui S Pen dengan beberapa fitur baru, yakni Bluetooth.

S Pen pada Galaxy Note 9 hadir dengan sebuah tombol yang memiliki berbagai fungsi, satu di antaranya adalah untuk mengambil foto.

Dalam presentasinya, Director of Product Marketing Samsung Jonathan Wong mengatakan, Galaxy Note 9 menjadi seri Note pertama yang punya tool bertenaga untuk penggunanya, yakni Bluetooth Low Energy.

"Ini adalah Note pertama yang memiliki tool sangat powerful untuk pengguna, fitur ini sangat berguna sekali, yakni Bluetooth Low Energy yang bisa membuat S Pen jadi remote control, bisa memutar video di YouTube, memutar slide Power Point, hingga mengambil foto," tutur nya dalam sesi peluncuran Galaxy Note 9.

Wong pun mendemokan beberapa hal yang bisa dilakukan oleh S Pen di Galaxy Note 9. Salah satu yang dilakukannya adalah menjadi remote control saat pengguna memutar video, menggeser foto ke kanan dan kiri di galeri, serta mengontrol file presentasi.

2 dari 2 halaman

Jadi Remote Mini

"Kita bisa memutar slide di Power Point (dengan S Pen), mengontrol presentasi dengan S Pen. Anda bisa lihat saya membalikkan slide presentasi, memajukannya, hanya dengan satu klik di S Pen," ujarnya.

Tiap tahun, kata Wong, Samsung meningkatkan kemampuan pada S Pen. "Samsung terus memperbaiki kemampuan S Pen sehingga jadi lebih bertenaga, S Pen bisa jadi tool untuk kreativitas, termasuk untuk menciptakan karya seni," katanya.

Uniknya, didemokan juga kemampuan S Pen Galaxy Note 9 untuk mengambil foto. Dengan menekan tombol, S Pen bisa mengambil foto tanpa pengguna harus memegang Note 9 mereka.

Tidak hanya itu, Samsung juga memperbaiki daya S Pen menggunakan teknologi bernama supercapasitor. S Pen pun bisa mengisi daya secara otomatis saat dimasukkan ke tempatnya di Note 9.

John Wong menyebut, pengisian daya S Pen bisa dilakukan di bawah satu menit dan tahan dipakai untuk selama setengah jam. Jika baterainya habis, S Pen berteknologi Bluetooth Low Energy ini masih bisa dipakai layaknya S Pen reguler. 

(Adt/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: