Sukses

Harga Smartphone Layar Lipat Samsung Bakal 2 Kali Lebih Mahal daripada Xiaomi?

Smartphone layar lipat pertama Samsung dilaporkan akan memiliki harga jual sekira US$ 1.800 atau setara Rp 26 juta (asumsi kurs US$ 1 per Rp 14.479).

Liputan6.com, Jakarta - Informasi tentang smartphone dengan layar yang bisa dilipat, semakin banyak muncul di ranah internet. Kali ini, muncul laporan baru yang menyebutkan bahwa smartphone layar lipat Samsung akan dijual lebih mahal daripada produk kompetitor.

Dilansir Phone Arena, Jumat (/8/2018), smartphone lipat pertama Samsung dilaporkan memiliki harga jual sekira US$ 1.800 atau setara Rp 26 juta (asumsi kurs US$ 1 per Rp 14.479).

Ini berarti harga jualnya dua kali lipat lebih mahal dibandingkan produk serupa dari Xiaomi atau Oppo, yang dibanderol berkisar US$ 900 atau setara Rp 13 juta.

Sejauh ini, belum ada konfirmasi dari Samsung tentang waktu peluncuran smartphone tersebut. Terlepas dari waktu peluncuran, Samsung disebut tidak ingin para rivalnya seperti Xiaomi dan Huawei, lebih dahulu merilis produknya.

"Samsung sangat berhati-hati tentang peluncuran ponsel tersebut yang telah ditunda beberapa kali. Perusahaan juga tidak ingin menyerahkan titel 'pertama di dunia' kepada para rivalnya dari Tiongkok," tutur seorang sumber.

Para vendor Tiongkok seperti Huawei, Xiaomi dan Oppo, sangat aktif mengembangkan desain ponsel layar lipat. Xiaomi sendiri juga berambisi menjadi yang pertama merilis smartphone layar lipat di dunia, meski Samsung dan Huawei dinilai jauh di depan dalam hal riset tentang perangkat tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Oppo dan Xiaomi Siap Ramaikan Persaingan Smartphone Layar Lipat

Xiaomi dan Oppo dilaporkan sedang mencari mitra manufaktur untuk menyuplai layar lipat. Beberapa opsi antara lain BOE, Visionox dan LG Display.

Xiaomi disebut akan menjadi manufaktur pertama yang merilis smartphone fleksibel tak lama setelah produk itu diumumkan. Berbeda dengan strategi Samsung dan Huawei, Xiaomi pada tahap awal akan fokus di pasar Tiongkok agar bisa menyiasati harga smartphone kompetitor.

Sejauh ini, belum ada smartphone layar lipat yang dijual oleh para vendor. Namun, perusahaan seperti Samsung, Huawei, Apple, Xiaomi dan Oppo, tengah berusaha keras agar bisa merilis smartphone tersebut di pasar.

3 dari 3 halaman

Samsung Bakal Rilis Smartphone Layar Lipat Awal 2019

Menurut laporan baru, Samsung akan merilis smartphone layar lipat dengan ukuran 7 inci pada awal 2019.

Samsung meyakini, kehadiran smartphone ini akan kembali menghidupkan permintaan terhadap ponsel premium. Smartphone tersebut akan dirilis pertama kali dengan menargetkan pengguna gamer.

Dari segi desain, smartphone ini dapat dilipat seperti sebuah dompet. Menurut orang yang pernah melihat prototype perangkat itu, layar utama smartphone berada di bagian dalam ketika dilipat.

Ketika dilipat, layar kedua akan berada di bagian luar yang berfungsi untuk memperlihatkan notifikasi.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.