Sukses

Pasca-Gempa Lombok, XL Axiata Pastikan Jaringan dan Layanan Normal

Pasca-gempa Lombok berskala 6,4SR, XL Axiata memastikan jaringan dan layanannya tetap berjalan normal seperti sedia kala.

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler XL Axiata memastikan jaringan dan layanan XL pasca-gempa Lombok tetap normal.

Operator yang identik dengan warna biru ini menyebut, pelanggan dan masyarakat tetap bisa mengakses layanan XL Axiata di seluruh Lombok, termasuk di lokasi-lokasi terdekat dengan pusat bencana.

XL juga menyiapkan sejumlah langkah antisipasi oleh tim teknis di lapangan. Salah satunya untuk mengatasi jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

XL juga siap mengirimkan bantuan untuk warga yang menjadi korban, termasuk bantuan penyediaan sarana telekomunikasi dan internet grastis.

Dalam keterangan tertulis XL yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (30/7/2018), Vice Presiden XL Axiata East Region Mochamad Imam Mualim mengatakan, meskipun gempa berskala 6,4SR di Lombok cukup kuat, lebih dari 2.000 unit BTS XL di Lombok tetap normal dan beroperasi melayani pelanggan yang ada di lokasi terdampak.

"Kami juga telah melakukan cek atas semua menara dan perangkat BTS di area bencana, antara lain di desa-desa kaki Gunung Rinjani, seperti Sembalun, Sajang, Sambik Elen, dan Senaru. Semuanya dalam kondisi baik,” katanya.

Mualim mengatakan, karena jaringan telekomunikasi dan akses internet sangat penting bagi penanggulangan bencana, untuk memastikan jaringan dan layanan XL Axiata tetap terjaga, maka tim teknis telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi.

Beberapa langkah yang dimaksud antara lain adalah backup genset portable dan memastikan semua genset permanen sudah penuh terisi solar. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi jika mendadak aliran listrik terputus.

Tim teknis XL, menurut Mualim juga menyiapkan opsi redirect coverage dari site terdekat atau bahkan mengerahkan mobile BTS ke lokasi yang membutuhkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

BTS XL di Lombok

Sekadar informasi, di wilayah Lombok Timur, XL memiliki sekitar 720 BTS. Dari jumlah itu, lebih dari 470 BTS di antaranya adalah BTS 3G dan 4G LTE.

Sementara itu, di seluruh provinsi NTB, XL total memiliki lebih dari 2900 BTS, yakni 790 BTS 4G LTE, yang melayani lebih dari 2 Juta pelanggan.

XL juga menyalurkan bantuan darurat bagi warga yang terdampak. Pada tahap awal, bantuan akan berupa bahan makanan, air mineral, obat-obatan, selimut, terpal, dan tenda.

Bantuan lain berupa dukungan teknis penyediaan sarana telekomunikasi dan akses internet gratis. Perangkat-perangkat tersebut akan ditempatkan di lokasi yang paling membutuhkan.

Tim XL Axiata berkoordinasi dengan aparat terkait untuk menyalurkan bantuan. Lokasi penyaluran bantuan akan dipioritaskan melalui posko bantuan yang dibuat pemerintah daerah, misalnya Desa Sambik Elen dan Dusun Loloan Lombok Utara. dan Kecamatan Sembalun dan Sambelia, Lombok Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.