Sukses

Ini Risiko Kecanduan Main Gim Sampai Ogah Keluar Rumah

Gamer yang selalu bermain gim di dalam ruangan, pasti akan sangat jarang terpapar sinar matahari. Hal ini sangat membahayakan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi seorang gamer tentu tidak ada salahnya, tapi jika terlalu berlebihan justru bisa mendatangkan masalah.

Ketika seorang gamer secara berlebihan memainkan gim tanpa melakukan aktivitas lain termasuk keluar rumah, tak jarang ada akibat yang serius dari kegiatan mereka tersebut.

Aktivitas di luar rumah adalah salah satu hal penting bagi kesehatan. Seorang gamer yang selalu bermain gim di dalam ruangan, pasti akan sangat jarang terpapar sinar matahari. Hal ini sangat membahayakan kesehatan.

Akibat dari terlalu sering tidak keluar rumah ini bukan hanya membuat tubuh sakit, tapi juga bahaya lainnya. Bahkan saking buruknya, ada yang bisa menyebabkan risiko kematian.

Berikut dampak buruk bermain gim tanpa pernah keluar rumah, sehingga membuat tubuh jarang terpapar sinar matahari.

1. Risiko penyakit

Gamer yang kekurangan sinar matahari artinya juga kekurangan asupan vitamin D. Padahal, vitamin D sangat penting untuk melindungi tubuh dari risiko serangan jantung.

Kekurangan sinar matahari otomatis juga membuat tubuh kekurangan sel darah putih, sehingga menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Alhasil, kamu menjadi lebih mudah terserang penyakit.

Selain itu, beberapa bagian tubuh juga akan sering mengalami nyeri dan kram jika jarang terpapar sinar matahari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Picu Depresi

2. Memicu depresi

Kekurangan sinar matahari sejak usia dini diyakini berisiko tinggi terkena sklerosis. Ini adalah sebuah penyakit yang menyebabkan tingginya tingkat kecemasan seseorang.

Sinar matahari ternyata membantu tubuh memproduksi serotonin yaitu hormon yang memancing rasa senang ke tubuh. Jadi jika kekurangan sinar matahari, besar kemungkinan akan membuat Anda susah merasa senang.

Kalah main gim, gamer hantam layar monitor dengan kepala. (Sumber: Shanghaiist)

Selain itu, banyak peneliti percaya ada hubungan antara kadar serotonin dengan depresi. Keseimbangan kadar hormon serotonin akan memengaruhi mood, yang selanjutnya berperan memicu atau meredakan depresi.

Kedua hal tersebut adalah sejumlah akibat yang kemungkinan besar menimpa orang-orang yang sangat jarang atau bahkan tidak pernah terpapar sinar matahari.

Nah, bagi gamer yang sering bermain gim di dalam ruangan, sebaiknya membiasakan diri beraktivitas di luar ruangan dan sesekali merasakan hangatnya sinar matahari. Selain itu, keluar rumah juga berguna untuk mengurangi rasa suntuk.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.