Sukses

Menkominfo Akan Cabut Blokir Tik Tok Besok, Asal...

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan bakal mencabut pemblokiran Tik Tok bila platform asal Tiongkok tersebut berkomitmen membersihkan konten negatif.

"Kalau Tik Tok bisa membersihkan konten besok, kami akan buka secepatnya. Tugas kami memfasilitasi dan akselerasi, bukan hanya regulasi," kata Rudiantara di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jakarta, pada Rabu (4/7/2018) sore.

Saat bertemu dengan perwakilan Tik Tok, Rudiantara juga meminta Tik Tok melakukan filtering konten yang akan datang.

"Kami minta mereka lakukan filtering konten yang akan datang. Kami akan periksa dulu, kalau tidak dilakukan nanti kami blokir lagi," tegas Rudiantara.

Ia melanjutkan, Tik Tok juga berkomitmen melakukan perubahan batas usia yang saat ini 12 tahun, menjadi di atasnya,

"Kami minta menaikkan batas umurnya. Kami minta komitmen Tik Tok untuk punya kantor operasi di indonesia agar bisa koordinasi lebih mudah, sehingga bisa di-address saat ada kejadian serupa," pungkas Rudiantara.

 

 

 

2 dari 2 halaman

Rudiantara Apresiasi Tik Tok

Di sisi lain, Rudiantara mengapresiasi perwakilan Tik Tok yang merespons pemblokiran secara cepat dan berkomitmen merekrut puluhan orang untuk membersihkan konten negatif.

"Sehubungan diblokirnya Tik Tok, Tik Tok respons secara cepat jadi tadi Tik Tok sampaikan kenapa itu terjadi dan bagi kami yang penting ada komitmen membersihkan semua konten negatif. Setelah itu, mereka berkomitmen hire puluhan orang untuk bersihkan konten negatif," ujar Rudiantara.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini