Sukses

5 Aplikasi Kamera Android untuk Abadikan Momen Liburan

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan smartphone Android saat ini memang sudah dibekali dengan kemampuan kamera yang mumpuni. Selain dukungan hardware, biasanya vendor juga menyertakan aplikasi kamera bawaan.

Namun, terkadang fitur yang ditawarkan aplikasi kamera bawaan kurang memuaskan. Tak jarang, faktor tersebut membuat performa kamera secara keseluruhan terasa kurang optimal.

Untungnya, saat ini sudah ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang menawarkan kemampuan tak kalah dari aplikasi bawaan, bahkan tak sedikit yang memiliki fitur lebih beragam.

Nah, bagi kamu yang ingin mencoba lima aplikasi kamera untuk menunjang kebutuhan fotografi, khususnya selama libur lebaran, berikut daftar lima aplikasi kamera pilihan untuk perangkat Android yang dihimpun dari Make Use Of, Selasa (18/6/2018).

1. Camera Zoom FX

Camera Zoom FX mengklaim merupakan aplikasi kamera terbaik untuk Android. Memiliki kemampuan burst mode hingga 50fps, aplikasi ini juga memiliki fitur image stabilizer untuk memastikan foto tak buram.

Tampilan aplikasi ini juga terbilang lengkap dan mudah dijangkau, mulai dari manual kontrol hingga photo editing tools.

Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dan tersedia pula versi premium yang dapat ditebus dengan harga US$ 3,99 (Rp 56 ribu).

1 dari 3 halaman

2. Camera FV-5

Kamu pengguna Android yang membutuhkan aplikasi kamera dengan fitur profesional? aplikasi ini bisa jadi jawabannya. Camera FV-5 memiliki fitur kontrol manual layaknya DSLR.

Seluruh parameter fotografi, seperti exposure, ISO, light metering, hingga shutter speed dapat diatur langsung dengan aplikasi ini. Belum cukup? Aplikasi ini juga memiliki fitur modus long exposure untuk menangkap gambar apik di kala malam.

Hasil foto aplikasi ini dapat disimpan dalam format JPG, 16-bit RAW DNG, atau PNG.

Sama seperti Camera+, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, tapi tersedia pula versi premium yang dapat dibeli dengan harga US$ 3,95 (Rp 55 ribu).

3. VSCO Cam

Lebih dikenal sebagai aplikasi olah foto, VSCO Cam sebenarnya juga memiliki fungsi sebagai aplikasi kamera biasa.

Meski tampil dengan modus kamera yang sederhana, aplikasi ini sebenarnya didukung fitur yang beragam.

Pengguna Android dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk mengambil gambar RAW dengan tampilan pengaturan yang sederhana, mulai dari white balance, ISO, exposure, termasuk menampilkan grid overlay dan lever.

Setelah gambar diambil, kamu dapat langsung mengeditnya langsung di dalam aplikasi. VSCO menyediakan beragam filter dan pengaturan untuk membuat hasil foto lebih menarik.

2 dari 3 halaman

4. Camera MX

Tak ingin merogoh kocek dalam-dalam untuk sebuah aplikasi kamera? Camera MX dapat menjadi pilihan sebab aplikasi ini tak hadir dengan opsi in-app purchase yang dapat dibeli sesuai kebutuhan pengguna.

Tampil dengan desan sederhana, pengguna dapat dipastikan dengan mudah mengerti seluk beluk aplikasi ini.

Tak hanya untuk keperluan mengambil foto, aplikasi ini dapat membantu pengguna saat merekam video.

Sebagai tambahan, aplikasi ini turut menghadirkan fitur 'Live Photos' atau foto animasi di dalamnya. Mirip VSCO, pengguna dapat langsung mengolah gambar hasil tangkapan di dalam aplikasi Camera MX.

5. Open Camera

Pengguna Android yang senang mendukung aplikasi open source dapat mencoba aplikasi ini. Open Camera dapat diunduh sepenuhnya secara gratis dan tak memiliki opsi in-app purchase.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto lebih baik dengan opsi manual control, auto stabilization, remote control dan voice commands.

Sebagai tambahan, aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengambil video. Tak hanya itu, aplikasi ini dapat benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, seperti tampilan aplikasi yang dapat diubah untuk pengguna kidal atau tidak.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Fitur Swipe Kini Hadir di Gmail Versi Android
Artikel Selanjutnya
Gara-Gara Monopoli, Google Terancam Denda Rp 153 Triliun