Sukses

Jelang Ramadan, Indosat Ooredoo Gelar Uji Jaringan di Jalur Mudik Jawa Tengah

Indosat Ooredoo mengklaim jaringan telekomunikasinya siap menghadapi trafik selama Ramadan, mudik dan Lebaran 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Indosat Ooredoo mempersiapkan layanannya dengan melakukan peningkatan kapasitas dan pemantauan kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (iNOC), Command Center jaringan, serta berbagai paket khusus untuk mendukung kelancaran beraktivitas selama Ramadan dan Lebaran 2018.

Berdasarkan semua persiapan tersebut, jaringan telekomunikasi Indosat Ooredoo diklaim siap melayani pelanggan.

Perihal kesiapan jaringan telekomunikasi, Indosat Ooredoo melakukan kegiatan network drive test (uji jaringan) di salah satu jalur mudik dan kota tujuan mudik di Jawa Tengah, yakni jalur Semarang-Demak-Kudus.

Uji jaringan ini untuk menunjukkan secara langsung kondisi kualitas sinyal dan kecepatan akses data, yang bisa dinikmati pelanggan, terutama selama Ramadan dan kegiatan mudik di salah satu jalur Pantura terpadat tersebut.

Diungkapkan Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, Dejan Kastelic, pihaknya berkomitmen untuk selalu memberikan pengalaman terbaik kepada para penggunanya.

Operator seluler yang identik dengan warna merah dan kuning itu yakin dengan tambahan infrastruktur dan sumber daya, akan dapat menjamin pelanggan merasakan pengalaman berkomunikasi yang lebih baik.

"Dalam beberapa bulan terakhir, kami telah melakukan refarming frekuensi 1.800 MHz dan mengaktivasi spektrum baru kami di 2.100 MHz untuk mendukung cakupan 4G, serta menghadirkan kecepatan lebih di wilayah-wilayah penting kami," jelas Dejan seperti dikutip dari keterangan resminya, Rabu (16/5/2018).

"Tim teknis jaringan kami juga akan memonitor site-site penting dan melakukan tindakan yang diperlukan untuk memastikan pelanggan merasakan performansi jaringan secara optimal," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antisipasi Trafik

Untuk mengantisipasi peningkatkan trafik telekomunikasi selama Ramadan, mudik dan Lebaran, Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringan untuk data, suara dan SMS.

Untuk kapasitas layanan data ditingkatkan menjadi 11.394 TeraByte per hari, agar dapat memenuhi puncak kenaikan trafik yang diprediksi meningkat sebesar 83,7 persen dibandingkan tahun lalu.

Sementara itu, untuk kapasitas suara ditingkatkan menjadi 37,49 juta Erlang per hari dan kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,01 miliar SMS per hari. Kedua kapasitas ini juga sudah disiapkan melampaui prediksi trafik tertinggi yang mungkin terjadi.

Tidak hanya meningkatkan kapasitas jaringan, kondisi jaringan telekomunikasi juga dipantau selama Ramadan dan mudik Lebaran melalui iNOC sebagai pusat monitoring seluruh jaringan secara nasional.

Monitoring jaringan secara lebih intensif juga dilakukan melalui Command Center, yang akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah mudik Lebaran untuk mengidentifikasi secara proaktif melalui tim Performance Monitoring, serta secara reaktif melalui tim Customer Service, sehingga bila ada kendala dapat diselesaikan secepat mungkin.

3 dari 3 halaman

Uji Jaringan di Semarang-Demak-Kudus

Seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Semarang, Demak dan Kudus merupakan tiga kota tujuan mudik padat di Jawa Tengah.

Ketiga kota ini juga memiliki berbagai obyek wisata religius, yang menjadi tujuan wisata selama masa Ramadan dan Lebaran.

Dalam uji jaringan tersebut, diperoleh cakupan 4G secara berkelanjutan di sepanjang rute Semarang-Demak-Kudus.

Selain itu juga dicoba berbagai aktivitas layanan yang biasa dilakukan pelanggan seperti download (mengunduh), live streaming, YouTube, dan video call.

Hasil pengujian menunjukkan sepanjang rute uji jaringan, aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering.

Dalam kegiatan ini, kecepatan maksimal unduhan mencapai 39,74Mbps dengan rata-rata kecepatan unduhan 8,09 Mbps.

Khusus di beberapa titik keramaian kota tujuan mudik, diperoleh kecepatan unduhan hingga 107,70Mbps (Simpang LimaSemarang), 86,98 Mbps (Masjid Agung Demak) dan 97,17 Mbps (Museum Kretek Kudus).

Selama uji jaringan, Indosat Ooredoo juga melakukan pengetesan kualitas suara dengan metode pengukuran Mean Opinion Score (MOS) dengan hasil menunjukkan 96,83 persen area yang diukur berada di tingkat excellent.

Hasil ini sekaligus menunjukkan kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik.

Sama seperti sejumlah operator seluler lain, Indosat Ooredoo pun merilis paket khusus selama Ramadan hingga mudik Lebaran. IM3 Ooredoo merilis seri paket Unlimited baru, termasuk dengan masa aktif singkat tiga dan tujuh hari dengan harga mulai dari Rp 5 ribu.

Para pelanggan juga bisa memiliki paket Unlimited bulanan, yang harganya mulai dari Rp 20 ribu.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.