Sukses

Nokia N-series Akan Hidup Kembali Awal Mei?

Liputan6.com, Jakarta - Nokia dikabarkan bakal kembali menghidupkan smartphone N-series. Hal ini diketahui dari teaser foto yang diunggah perusahaan di jejaring sosial Weibo.

Mengutip laman Gizmochina, Jumat (27/4/2018), foto tersebut memperlihatkan bahwa HMD Global sebagai pemegang merek Nokia akan segera meluncurkan ponsel N-series yang pernah terkenal pada 2000-an awal ini.

Kemungkinan, perusahaan meluncurkan ponsel N-series pada 2 Mei 2018 di Sanlitun, Distrik Chaoyang, Beijing, Tiongkok.

Dalam unggahan yang Weibo tersebut, tampaknya ponsel N-series yang akan dirilis adalah Nokia N9. Smartphone ini aslinya dirilis pada pertengahan 2011 dengan antarmuka dari MeeGo 1.2 Harmattan.

Kemungkinan, perangkat ini akan diumumkan dengan nama Nokia N9 (2018). Sebelumnya, Nokia pertama kalinya menghidupkan kembali ponsel lawas Nokia 3310 dengan desain baru.

Baru-baru ini, Nokia juga dikabarkan akan merilis Nokia X series dengan nama Nokia X6 di Tiongkok, 27 April 2018.

Tak diragukan lagi, menghidupkan kembali tipe-tipe ponsel lawas merupakan salah satu strategi Nokia untuk membuat konsumen bernostalgia.

Dengan demikian, konsumen mengetahui bahwa brand Nokia telah kembali ke bisnis ponsel dengan berbagai smartphone Android-nya. 

2 dari 3 halaman

Diisukan Sejak Awal Tahun

Awal 2017, beredar kabar bahwa Nokia bakal menghidupkan kembali ponsel legendarisnya, yakni N-series. 

Hal ini diketahui dari pengajuan permohonan merek dagang N Series terlihat di situs State Administration for Industry and Commerce (SAIC) di Tiongkok.

Nokia N Series sendiri pertama kali dirilis pada tahun 2005. Beberapa jenis smartphone yang masuk dalam lini N Series di antaranya adalah N70, N90 dan N91, N71, N80 dan N92, N72, N73, N93, N75, N95, N76, dan N77 dan masih banyak yang lainnya.

Pada masa jayanya, N Series beroperasi dengan sistem operasi (OS) Symbian dan OS MeeGo yang saat itu sudah didukung teknologi wireless berkecepatan tinggi seperti 3G atau LAN. Selain itu, terdapat layanan multimedia digital seperti pemutar musik, foto atau video, gim, serta layanan internet.

N Series ini kemudian digantikan dengan lini Nokia Lumia, sebagai smartphone andalan perusahaan, yakni saat Microsoft bermitra dengan Nokia.

3 dari 3 halaman

Bakal Hadirkan Nokia X6

Beberapa waktu lalu, santer terdengar bahwa HMD Global akan merilis smartphone anyar yang diberi nama Nokia X. Informasi ini pertama kali diketahui dari sebuah iklan yang berada di Tiongkok.

Terbaru, smartphone itu ternyata akan diberi nama X6. Dikutip dari Phone Arena, Jumat (27/4/2018), perangkat itu akan memiliki nama yang sama dengan model lawas Nokia yang rilis 10 tahun lalu, yakni Nokia X6.

Sama seperti pendahulunya, perangkat ini akan dibekali dengan spesifikasi kelas menengah. Menurut informasi, HMD akan menghadirkan dua model Nokia X6 yang berbeda di pasaran.

Varian pertama akan ditopang dengan chipset Snapdragon 630, sedangkan model lain dipersenjatai MediaTek P60. Nilai jual lain dari smartphone ini adalah konfigurasi kamera utama ganda dengan lensa Carl Zeiss.

Kabarnya, smartphone ini akan memiliki layar berukuran 5,8 inci dengan aspek rasion 19:9. Meski belum dapat dipastikan, ada kemungkinan smartphone ini akan memiliki dua opsi kapasitas RAM, yakni 4GB atau 6GB.

Menurut kabar, Nokia X6 akan menjadi 'jembatan' antara Nokia 6 dan Nokia 7 Plus. Karena itu, harga dari perangkat ini diprediksi berkisar dari US$ 255 hingga US$ 285 atau setara di rentang Rp 3,5 juta ke atas.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Nokia 9.1 PureView Bakal Hadir dengan Snapdragon 855 dan 5G?
Artikel Selanjutnya
Nokia 8.2 Bakal Dirilis dengan Kamera Selfie Pop-up 32MP