Sukses

Apple Bajak Bos Kecerdasan Buatan Google

Liputan6.com, Jakarta - Saling rekrut antar-perusahaan teknologi besar, bukan lagi hal yang mengherankan. Namun, Apple mengumumkan kabar yang dinilai sedikit mengejutkan karena berhasil membuat petinggi Artificial Intelligence (AI, kecerdasan buatan) dan pencarian Google, hengkang.

Dilansir Phone Arena, Kamis (5/4/2018), Apple mengumumkan telah merekrut mantan kepala tim pencarian dan kecerdasan buatan Google, John Giannandrea. Strategi kecerdasan buatan dan pengembangan machine learning Apple akan berada di bawah pengawasan langsung Giannandrea.

Giannandrea akan memberikan laporan langsung kepada CEO Apple Tim Cook, yang berarti ia menempati posisi Senior Vice President di perusahaan itu. Giannandrea disebut meninggalkan Google per Senin (2/4/2018).

"Teknologi harus disertakan dengan nilai-nilai yang kita semua pegang teguh. John sependapat dengan komitmen kita terhadap privasi dan pendekatan dalam membuat komputer semakin pintar dan lebih personal," tulis Cook dalam sebuah email kepada internal perusahaan.

Kehadiran Giannandrea dinilai membuat langkah Apple dalam pengembangan kecerdasan buatan semakin baik. Pasalnya, perusahaan sebelumnya dinilai sedikit tertinggal dari para rivalnya, seperti Google dan Amazon terkait teknologi tersebut.

Giannandrea sendiri telah bekerja dengan Google selama delapan tahun. Ia bertanggungjawab untuk mengintegrasikan teknologi buatan di seluruh layanan inti Google yaitu pencarian, Gmail, dan Google Assistant.

2 dari 3 halaman

Apple Siapkan 3 iPhone Baru Tahun Ini

Terlepas dari kabar soal John Giannandrea, Apple dilaporkan sedang menyiapkan tiga varian iPhone terbaru untuk tahun ini. Apple menggunakan layar LCD dan OLED untuk smartphone terbarunya.

Dua dari tiga iPhone tersebut akan hadir dengan layar OLED dan menjadi suksesor iPhone X. Kedua smartphone ini akan memiliki ukuran layar berbeda yaitu 5,8 inci dan 6,5 inci.

iPhone X terbaru ini disebut akan diumumkan bersamaan dengan satu smartphone lainnya, yang dilengkapi layar LCD. iPhone dengan layar LCD ini dijual dengan harga lebih murah dibandingkan keduanya.

Apple diprediksi akan mengumumkan tiga iPhone terbaru dalam sebuah acara pada September 2018. Perusahaan dilaporkan sedang bersiap memulai produksi percobaan, untuk memastikan tidak ada halangan dalam proses akhir nanti.

3 dari 3 halaman

Apple Enggan Komentari Rumor

Berbagai rumor dan prediksi tentang produk yang sedang disiapkan Apple seakan tak pernah sepi. iPhone merupakan salah satu produk Apple yang paling banyak mendapatkan perhatian.

Banyaknya laporan tentang iPhone, seakan tidak meresahkan Apple. Perusahaan yang didirikan Steve Jobs dan Steve Wozniak tersebut dikenal pelit bicara dan enggan memberikan bocoran tentang produk terbarunya.

Sikap tegas Apple menjaga rahasia perusahaan dilakukan dalam berbagai tindakan. Bahkan Tim Cook saat masih menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) Apple, pernah mengatakan tidak akan membiarkan siapa pun mengetahui "sihir" Apple dan mencurinya.

"Ini (sikap rahasia) adalah bagian dari sihir Apple. Saya tidak akan membiarkan siapa pun mengetahui sihir kami karena saya tidak ingin ada yang menirunya," tutur Cook kala itu.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Google dan Kepolisian Konfirmasi Penembakan di Markas YouTube
Artikel Selanjutnya
Siapa Dr. Maya Angelou yang Nongol di Google Doodle Hari Ini?