Sukses

Mau Blokir Telepon dan SMS dari Stalker? Yuk, Jajal 5 Aplikasi Ini

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu merasa kesal gara-gara mendapatkan panggilan dan pesan masuk terus-terusan dari stalker? Atau pernahkah kamu mendapat panggilan yang isinya tawaran mendapatkan pinjaman dari salah satu lembaga keuangan?

Jika ya, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah memblokir nomor tersebut. Lantas, bagaimana cara memblokir panggilan dari orang yang tak dikenal?

Caranya mudah, kamu hanya perlu menginstal aplikasi-aplikasi di bawah ini.

1. Truecaller - Caller ID & Dialer

Aplikasi Truecaller, kamu bisa mengetahui siapa yang menghubungi dan memblokir telepon dan SMS masuk yang tak diinginkan, termasuk panggilan dan SMS dari telemarketing.

Dengan demikian, panggilan masuk dari telemarketer dan panggilan mengganggu lainnya yang dilaporkan sebagai spam akan otomatis diblokir.

Kamu juga bisa melaporkan nomor telepon yang kamu anggap sebagai spam, misalnya nomor stalker. Tidak hanya itu, dengan aplikasi Trucaller, kamu juga bisa mengetahui kapan teman kamu bisa dihubungi.

2 dari 5 halaman

2. Calls Blacklist - Call Blocker

Seperti Truecaller, aplikasi Call Blacklist - Call Blocker bertugas memblokir panggilan dan SMS masuk yang tak diinginkan. Mereka yang menghubungi kamu dengan private number juga bisa langsung diblokir oleh aplikasi ini.

Ada beberapa fitur utama dalam aplikasi ini, misalnya memblokir sekumpulan nomor dengan angka depan tertentu, memblokir SMS dari nomor-nomor alfanumerik, hingga memblokir seluruh nomor telepon.

Menariknya kamu juga bisa membuat daftar nomor-nomor yang tidak dingin diblokir sehingga telepon dan SMS dari nomor-nomor tersebut tetap masuk.

3 dari 5 halaman

3. Call Blocker Free Blacklist

Aplikasi Call Blocker Free Blacklist ini bertujuan untuk menghindari penggunanya dari nomor-nomor telepon yang tak diinginkan. Menariknya, aplikasi ini menawarkan konsumsi penyimpanan yang rendah, sehingga tak memakan memori smartphone kamu.

Ada beberapa fitur utama dalam aplikasi Call Blocker Free Blacklist ini, selain untuk memblokir panggilan dan SMS masuk, misalnya saja fitur Blacklist, di mana pengguna bisa membuat daftar kontak yang tak diinginkan, sehingga tiap ada panggilan atau SMS masuk dari nomor tersebut tak akan masuk ke smartphone kamu.

Fitur unggulan selanjutnya adalah Whitelist alias daftar putih, di mana pengguna bisa membuat daftar nomor yang tak ingin diblokir. Fitur selanjutnya adalah mendeteksi dan menghentikan telepon spam.

4 dari 5 halaman

4. SMS Blocker

Aplikasi selanjutnya adalah SMS Blocker, sesuai namanya aplikasi ini bisa memblokir pesan singkat dan MMS yang tak diinginkan.

Dengan aplikasi ini pengguna bisa otomatis memblokir pesan spam, sehingga inbox mereka bisa bebas dari spam. Kendati demikian, pesan-pesan yang sudah diblokir bisa dimasukkan ke folder kemudian menyimpannya kembali jika dibutuhkan.

Uniknya tidak ada jumlah maksimal pesan yang bisa diblokir, sebanyak apapun pesan spam yang masuk, kamu bisa tetap memblokirnya dengan aplikasi ini.

5 dari 5 halaman

5. Mr. Number - Block Calls & Spam

Masih serupa dengan aplikasi-aplikasi di atas, aplikasi Mr. Number - Block Calls & Spam ini bisa memblokir panggilan yang tak diinginkan, mengidentifikasinya, hingga menghentikan panggilan dan SMS spam.

Pemblokiran pun tidak hanya bisa dilakukan pada nomor di satu negara melainkan nomor mengganggu yang berasal dari negara lain. Pengguna juga bisa melaporkan nomor telepon sehingga bisa memberitahukan ke pengguna lain bahwa nomor tersebut adalah nomor spam.

(Tin/Jek)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading