Sukses

Android P Developer Resmi Bergulir, Apa Saja Fitur Barunya?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar yang dihembuskan Evan Blass mengenai jadwal rilis Android P ternyata benar adanya. Hal itu terbukti setelah Google resmi menggulirkan Android P developer preview beberapa saat lalu.

Dikutip dari The Verge, Jumat (9/3/2018), sesuai namanya versi ini akan lebih fokus pada perubahan di Android yang dapat berhubungan langsung dengan pengembang. VP Engineering Google, Dave Burke, juga menyebut versi ini merupakan tahap awal yang ditujukan hanya untuk pengembang.

Kendati demikian, dari tahap awal ini, ada sejumlah perubahan besar yang kemungkinan akan hadir saat versi finalnya rilis. Salah satu yang mencuri perhatian adalah perubahan tampilan jam yang digeser ke bagian kiri layar, dari yang sebelumnya berada di sisi kanan atas layar.

Perubahan di tampilan Android P ini untuk mengakomodasi model smartphone Android yang memiliki notch--mirip iPhone X. Jadi, nanti penanda jam bersama notifikasi akan diletakkan di bagian sisi kiri layar.

Perubahan lain yang juga terlihat mencolok adalah menu Setting yang kini tampil lebih berwarna. Berbeda dari menu Setting versi sebelumnya yang didominasi warna abu-abu, kini ikon pengaturan didominasi warna-warna cerah.

Menu Quick Settings juga terlihat lebih 'hidup' karena ikon pengaturan untuk Wi-Fi atau Bluetooth akan dibalut dengan warna biru saat aktif, sedangkan ikon tersebut akan berwarna abu-abu saat tak menyala. Batas atas Quick Settings juga tampil dengan aksen lebih membulat.

Dock Android P di bagian yang berisi daftar aplikasi favorit dan Google Search dibalut dengan latar belakang buram, sehingga membedakannya dari tampilan keseluruhan layar bagian depan. Pada Google Search disematkan pula tombol mikrofon untuk langsung mengakses pencarian berbasis suara.

Tambahan sederhana lain yang muncul di versi pengembang adalah tombol Power kini menyediakan opsi screenshot, dari sebelumnya hanya restart atau power off.

Posisi tampilan volume di layar juga berubah, dari sebelumnya berada di atas, kini tampilan pengaturan suara hadir sisi kanan layar.

Terakhir, ada perubahan tampilan font di beberapa tempat. Kali ini, Google menggunakan font bernama Product Sans yang biasanya digunakan dalam tampilan iklan Google Pixel.

1 dari 3 halaman

Android P Bisa Sulap Smartphone Jadi Keyboard Bluetooth?

Selain sejumlah perubahan tersebut, menurut bocoran terbaru, Android P disebut menyulap perangkat jadi keyboard bluetooth. Sebab, Android P akan mendukung layanan profil bluetooth HID.

Kehadiran layanan itu memungkinkan perangkat untuk difungsikan sebagai keyboard QWERTY atau mouse berbasis bluetooth. Fitur ini sendiri diketahui muncul pada 2014, saat anggota forum CodeAurora dari Qualcomm saat mendaftarkan patch untuk bluetooth HID.

Lalu, pada 2016 patch tersebut mulai ditambahkan sebagai commit atau siap diunggah ke server. Akan tetapi, fitur itu tak pernah diaktifkan dan baru tersedia di Android P setelah commit kedua.

Application Programming Interface (API) fitur ini juga sudah dibuka untuk para pengembang. Dengan demikian, mereka dapat menyesuaikan aplikasinya dengan kemampuan anyar ini.

Sayangnya, belum dapat dipastikan apakah fitur ini akan langsung dirilis bersamaan dengan kehadiran Android P. Namun, hampir dapat dipastikan fitur ini akan menyambangi smartphone seri Pixel atau Nexus terlebih dulu.

2 dari 3 halaman

Bakal Usung Antarmuka Mirip iOS?

Salah satu perubahan drastis yang bakal hadir di sistem operasi teranyar Android P adalah tampilan antarmuka (UI, User Interface).

Kabarnya, Google bakal merombak antarmuka Android P mirip dengan UI iOS pada iPhone.

Menurut laporan Bloomberg, Android P digadang-gadang bakal menjadi sistem operasi yang hadir dengan perubahan paling besar, terlebih untuk urusan antarmuka.

Laporan juga menyebut antarmuka Android P dirancang sedemikian rupa seperti iOS untuk "menggoda" pengguna iPhone berpaling ke perangkat Android.

"Salah satu fokus utama pembaruan Android P tahun ini adalah ingin mengajak lebih banyak pengguna iPhone untuk berganti perangkat ke Android. Upaya tersebut dilakukan dengan peningkatan tampilan antarmuka software," tulis laporan tersebut,

Masih sedikit yang bisa dikupas soal Android P. Selain perombakan tampilan antarmuka, satu hal yang pasti bakal dilakukan Google adalah melibatkan tugas Google Assistant lebih banyak pada sistem operasi ini.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Android P Bisa Sulap Smartphone Jadi Keyboard Bluetooth?
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Bakal Jajah Pasar Smartphone AS Akhir 2018