Sukses

Komunikasi Virtual Semakin Menarik dengan Fitur AR Emoji Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+

Liputan6.com, Jakarta Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+ yang baru diluncurkan Samsung memiliki deretan teknologi canggih dan fitur-fitur menarik. Selain terobosan baru dari segi kamera, duo flagship terbaru Samsung punya fitur AR Emoji yang membuat komunikasi pada smartphone jadi lebih unik, menarik, dan menghibur.

Emoji memang menjadi salah satu cara komunikasi di era smartphone saat ini, selain foto dan video. Trend penggunaan emoji di kalangan generasi X dan Y, mendorong produsen smartphone menciptakan inovasi teknologi emoji. Bagaimana tidak ngetrend? Tanpa perlu mengetik kata-kata panjang, emoji telah mewakili ekspresi dan perasaan seseorang .

Seperti apa AR Emoji Samsung, berikut ulasan dan keunggulan AR Emoji yang hanya bisa kamu temukan dengan Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+.

Animasi dan Avatar Personal

Menggabungkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Emoji, fitur baru Samsung ini mampu mengubah mimik wajah pengguna smartphone Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+ menjadi emoji animasi atau avatar dan GIF yang menyerupai atau bahkan identik dengan wajah pengguna.

 

 

Hal ini bisa dilakukan berkat algoritma berbasis data yang menganalisis citra dua dimensi pengguna dengan memetakan lebih dari 100 fitur wajah untuk menciptakan model tiga dimensi sesuai ekspresi pengguna seperti tersenyum, tertawa, marah, hingga bergaya imut.

Modifikasi Avatar

Cara menggunakan fitur AR Emoji Samsung sangat mudah. Pengguna cukup membuka kamera depan Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+, kemudian pilih AR Emoji di sisi atas antarmuka kamera. Tekan ikon yang bertuliskan "Create My Emoji", lalu capture selfie kamu dari sisi depan dan pilih jenis kelamin. Tunggu beberapa detik, tak lama kemudian muncul wajah kamu dalam bentuk avatar.

Di sini, kamu juga bisa memodifikasi bagian wajah kamu seperti jenis dan warna rambut, ukuran mata warna kulit hingga akesori seperti kacamata dan pakaian. Terdapat paket berisi 18 macam emoji dan juga 18 gif serta video yang bisa kamu kreasikan.

Sharing Avatar dan GIF Kemana Aja

Setelah cocok dengan avatarnya, kamu tinggal simpan dan siap untuk di share kemana saja. Kamu bisa membagi emoji melalui pesan seperti whatsup, facebook, dan social media lainnya. Meski penerima pesan memiliki jenis smartphone berbeda, emoji dan gift tetap bisa dilihat.

Emoji Karakter Disney

Untuk mempopulerkan AR Emoji, Samsung juga telah menjalin kerjasama dengan Disney sehingga pengguna dapat memakai emoji karakter seperti Micky dan Minnie Mouse serta The Incredible.

Teknologi AR

Implementasi teknologi AR pada Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+ tak sebatas AR Emoji saja. Senior Manager Channel Marketing Samsung, Erin Willis juga kalau Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+ memiliki kemampuan menerjemahkan bahasa asing langsung dari kamera. Ini merupakan perpaduan teknologi AR dan Google Translate. Kamu cukup mengarahkan kamera smartphone ke bahasa tersebut, cocok buat kamu yang gemar traveling ke luar.

Ya, fitur penerjemah bahasa asing ini didukung dengan teknologi AR dan Google Translate. Jadi, pengguna yang semisal pergi berlibur dan bertemu dengan tulisan berbahasa asing, bisa langsung memakai kamera Samsung Galaxy S9 atau Samsung Galaxy S9+ dan mengarahkan kamera smartphone ke bahasa tersebut.

Director of Product Marketing Samsung, Jonathan Wong, mengklaim kamera Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+ memiliki kemampuan paling inovatif di masa ini. Keunggulan pertama yaitu memiliki dual aperture, yang bisa mengadaptasi berbagai kondisi cahaya saat memotret.

Ia mengibaratkan cara kerja dual aperture seperti melihat mata manusia. "Mata manusia bisa beradaptasi dengan cepat sesuai dengan situasi dan kondisi pencahayaan. Begitu pun dengan kamera Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+," kata Jonathan di panggung acara pengumuman seri Galaxy S9.

Salah satu aperture Galaxy S9 adalah f/1.5, sehingga Galaxy S9 memiliki bukaan besar untuk mengakomodasi foto dalam kondisi minim cahaya. Kehadiran aperture besar ini diklaim merupakan kali pertama hadir pada smartphone, yang bertujuan menghadirkan fotografi low light lebih baik.

Aperture lain yang dimiliki Galaxy S9 adalah f/2.4, yang bisa dimanfaatkan pengguna agar tetap bisa memotret dengan baik dalam kondisi cahaya normal.

Samsung Eelectronics Indonesia telah membuka pre-order di Indonesia melalui laman www.galaxylaunchpack.com. pada 27 Februari 2018 hingga 5 Mert 2018. Konsumen yang pre-order mendapatkan privilege, berupa casing smartphone merek Trumi atau Kate Spade.

Selain itu, konsumen yang melakukan transaksi dengan kartu kredit juga mendapatkan cashback senilai Rp 1 juta dari bank serta cicilan 0 persen dengan masa cicilan 3, 6, hingga 12 bulan.

 

 

(Adv)

Artikel Selanjutnya
Merekam Video Super Slow-Mo yang Dramatis dengan Kamera Galaxy S9
Artikel Selanjutnya
Samsung Bantah AR Emoji di Galaxy S9 Sontek Apple