Sukses

Galaxy Tab S4 Punya Layar 10,5 Inci dan Kamera Utama 12MP?

Liputan6.com, Jakarta - Samsung merupakan salah satu perusahaan yang merilis cukup banyak varian smartphone dan tablet setiap tahun. Untuk tahun ini, muncul laporan terbaru tentang salah satu tablet terbarunya.

Dilansir GSM Arena, Senin (19/2/2018), sebuah tablet Galaxy terbaru muncul di laman benchmark GFXBench. Menurut keterangan yang ada di laman tersebut, perangkat itu memiliki nomor model SM-T835 dan diduga sebagai tablet Galaxy Tab S4.

Samsung belum memberikan konfirmasi terkait Galaxy Tab S4. Namun, Galaxy Tab S3 yang dirilis pada tahun lalu memiliki nomor model SM-T820/SM-825, sehingga SM-T835 diduga sebagai seri tablet Galaxy Tab S4.

Bocoran nomor model tersebut sekaligus dilengkapi sejumlah spesifikasinya. Berdasarkan keterangan di laman GFXBench, Samsung Galaxy Tab S4 dilengkapi layar 10,5 inci dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel, prosesor octa-core 2,3GHz, dan GPU Adreno 540.

Spesifikasi lainnya termasuk RAM 4GB, memori internal 64GB, kamera belakang 12MP, dan kamera depan 7MP.

Tablet berbasis OS Android 8.0 Oreo ini diperkirakan akan hadir di acara Mobile World Congress (MWC) yang akan digelar mulai 26 Februari hingga 1 Maret 2018.

Sejauh ini belum ada informasi tentang harga jual dan tanggal peluncurannya di pasar.

1 dari 3 halaman

Galaxy S9 Diumumkan pada 25 Februari 2018

Terlepas dari tablet Galaxy Tab S4, Samsung sedang bersiap mengumumkan smartphone flagship terbarunya, Galaxy S9. Perusahaan asal Negeri Ginseng tersebut sudah menyebar undangan untuk acara pengumumannya yang akan digelar pada 25 Februari 2018.

Acaranya akan digelar di Barcelona, Spanyol, sehari sebelum konferensi perangkat mobile terbesar di dunia, Mobile World Congress (MWC), digelar.

Samsung memang tidak menuliskan "Galaxy S9" secara gamblang pada undangan, tapi angka "9" yang tertera diyakini merujuk pada smartphone tersebut.

Dalam undangannya, terdapat kata "Camera" dan "Reimagined", sehingga muncul prediksi akan ada sejumlah peningkatan kualitas pada fitur kamera untuk seri Galaxy S9.

Di luar keunggulan kamera, Galaxy S9 dilaporkan akan memiliki layar berukuran 5,77 inci, RAM 4GB dan baterai 3.000mAh.

Samsung Galaxy S9 Plus sendiri dilengkapi layar lebih besar yaitu 6,22 inci dengan RAM 6GB dan baterai 3.500mAh.

2 dari 3 halaman

Ini Keunggulan Kamera Galaxy S9?

Berdasarkan laporan terbaru, Galaxy S9 dan S9 Plus akan memiliki spesifikasi kamera yang cukup berbeda.

Samsung Galaxy S9, misalnya, dilaporkan memiliki satu kamera belakang 12MP dengan optical image stabilization (OIS). Di sisi lain, Galaxy S9 Plus justru dilengkapi dual kamera belakang dengan masing-masing beresolusi 12MP.

Hal menarik lainnya, kamera belakang Galaxy S9 Plus memiliki dua aperture untuk menyesuaikan cahaya yang masuk melalui lensa. Dalam laporan yang sama, kamera Galaxy S9 dan S9 Plus disebutkan memiliki tingkat kecerahan yang tinggi f/1,6.

Galaxy S9 juga disebut akan memiliki pengaturan aperture seperti kamera DSLR. Para pengguna nantinya bisa menyesuaikan aperture sebelum mengambil gambar. Teknologi tersebut sebenarnya bukan kali pertama hadir karena Samsung sudah menghadirkan fitur semacam itu pada smartphone high-end, W2018, yang hanya tersedia eksklusif di Tiongkok.

Mengenai Galaxy S9 Plus, dua kamera belakangnya akan memiliki aperture berbeda yaitu f/1,5 dan f/2,4. Smartphone tersebut bisa mengambil gambar menggunakan dua kamera pada saat bersamaan, sehingga tidak hanya akan berfungsi untuk wide-angle dan zoom shooting saja.

Adapun untuk aktivitas selfie, kedua smartphone dilengkapi kamera depan 8MP dengan autofocus dan sensor pengenalan iris mata. Selain itu, kameranya  juga diprediksi memiliki fitur yang mendukung untuk slow motion.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Artikel Selanjutnya
Galaxy S9 Bakal Usung Emoji Bergerak ala iPhone X?
Artikel Selanjutnya
Samsung Hentikan Update Android Oreo untuk Galaxy S8, Ini Alasannya