Sukses

Sharp S3, Smartphone Android One 'Kembaran' iPhone 5c

Liputan6.com, Tokyo - Smartphone Android One terbaru datang dari Sharp. Ya, perusahaan teknologi asal Negeri Sakura tersebut baru saja meluncurkan smartphone Android One perdananya, Sharp S3.

Menariknya, desain smartphone ini mengingatkan kita akan smartphone 'murah' besutan Apple, yakni iPhone 5c yang dirilis pada 2013 silam.

Menurut informasi yang dilansir The Verge pada Jumat (2/2/2018), meski desainnya identik dengan iPhone 5C, Sharp S3 memiliki spesifikasi yang lebih baik. Ukurannya lebih besar ketimbang iPhone 5c, layar smartphone ini berukuran 5 inci dengan panel layar 1080p IGZO LCD.

Untuk material, S3 mengusung bahan plastik yang membalut kover belakangnya. Ia tersedia dalam beberapa pilihan warna, mulai dari hijau, hitam, putih, dan merah muda.

Beranjak ke spesifikasi, smartphone ditopang dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 430, RAM 3GB, dan memori internal 32GB. Untuk urusan daya, ia diperkuat dengan baterai berkapasitas 2.700mAh dan dilengkapi port USB Type-C.

 

1 dari 3 halaman

Pembaruan Software Dijamin

Di sisi software, smartphone ini sudah berjalan dengan Android Oreo. Mengingat S3 adalah smartphone Android One, seri tersebut dijamin akan mendapatkan pembaruan software dan sistem operasi dalam kurun waktu yang sama seperti Pixel 2 dan lebih cepat dari smartphone Android lainnya.

Fitur lain yang menunjang smarphone ini adalah sertifikasi IP68. Ini artinya, S3 merupakan smartphone yang tahan air dan debu.

Sharp S3 untuk saat ini hanya tersedia di Jepang. Untuk harga, ia dibanderol sebesar Rp 4 jutaan. Tidak diungkap apakah smartphone tersebut akan masuk ke pasar Indonesia atau tidak.

2 dari 3 halaman

Smartphone untuk Milenial

Tak cuma Android One, Sharp juga dikabarkan akan meluncurkan smartphone anyarnya untuk generasi milenial, bernama Sharp R1s dan Sharp Pi.

Kedua smartphone ini hadir untuk menyasar generasi milenial atau gen-Z, dengan kamera yang diklaim mampu menghasilkan gambar tajam dan baterai tahan lama. Sharp berencana memperkenalkan smartphone ini pada Februari 2018.

"Sharp R1s hadir dengan kapasitas baterai yang lebih besar dari pendahulunya sehingga dapat mengakomodasi pemakaian pengguna," tutur Country Director Sharp Indonesia, Johnny Lin, dalam keterangan resminya, Sabtu (27/1/2018) di Jakarta.

Sharp mengklaim, dalam satu kali pengisian baterai, R1s dapat bertahan hingga lebih dari enam hari. Karena itu, smartphone ini sangat cocok untuk pengguna yang menyukai aktivitas outdoor atau karyawan yang intens memakai smartphone seharian penuh.

"Sementara Sharp Pi menyasar generasi muda yang hobi fotografi dan ingin eksis di media sosial, karena sudah dibekali dengan kamera ganda," ujar Johnny. Fitur kamera ganda Sharp Pi mampu menghasilkan efek bokeh, yang tengah menjadi tren di smartphone saat ini.

Sharp sendiri menjanjikan kedua smartphone ini akan dibanderol dengan harga terjangkau, yakni kurang dari Rp 2 juta. Nantinya, dua perangkat ini akan dijual di beberapa situs e-Commerce dan seluruh toko smartphone Sharp.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Harga Samsung J2, J2 Prime, dan J2 Pro Terbaru 2018, Dari Baru Hingga Bekas
Artikel Selanjutnya
Samsung Resmi Lepas Galaxy J8 dengan Harga Rp 3,9 Juta