Sukses

Selfie Berujung Maut, Tertabrak Kereta hingga Jatuh ke Laut

Liputan6.com, Jakarta - Selfie saat ini merupakan salah satu kegiatan yang diminati oleh banyak orang. Sayangnya, tidak sedikit orang yang mengalami kecelakaan, bahkan meninggal dunia karena melakukan selfie.

Kegiatan selfie atau memotret diri sendiri sejatinya bukan hal berbahaya. Namun, ketidakhati-hatian saat melakukan selfie, bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak pemberitaan tentang selfie berujung maut di sejumlah negara. Mengutip laporan Time, selama dua terakhir selfie telah menjadi pusat dari sejumlah kecelakaan fatal.

Kasus kecelakaan hingga berujung maut karena melakukan selfie juga masih terjadi pada tahun ini. Kecelakaan dan kematian terkait selfie terjadi di berbagai negara termasuk Amerika Serikat (AS), India, Indonesia, Tiongkok, Selandia Baru, dan Malaysia.

Secara khusus, The Washington Post pada Januari 2016 pernah menyoroti banyaknya kematian terkait selfie yang terjadi di India.

Setidaknya sekira setengah dari sedikitnya 27 kematian terkait selfie pada 2015 terjadi di India. Sejauh ini belum ada ada data resmi mengenai jumlah orang yang tewas karena melakukan selfie di India, tapi sejumlah laporan menunjukkan dari 2014 sampai Agustus 2016, setidaknya berjumlah 54 orang.

Berikut sejumlah kejadian selfie berujung maut yang terjadi di berbagai negara, termasuk Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

1. Amerika Serikat

Salah satu selfie berujung maut terjadi di AS pada 15 Oktober 2011. Tiga orang remaja tertabrak kereta api ketika melakukan selfie, tapi hanya satu yang selamat.

Penyebab kecelakaan tersebut diketahui dari unggahan foto terakhir mereka di Facebook dengan caption "Standing right by a train ahaha this is awesome!!!!".

Menurut laporan Desert News Utah, ketiga gadis tersebut mengambil gambar di jalur kereta api di Spanish Fork Canyon.

Mereka dilaporkan tampak menyadari ada kereta yang lewat, tapi tidak tahu bahwa ada kereta api lain dari arah sebaliknya, sehingga membuat ketiganya terjebak di sana. Beberapa saat sebelum kecelakaan, salah satu remaja tersebut mengunggah foto ke Facebook.

Pada 3 Juni 2016, seorang remaja berusia 15 tahun dari Overland, Missouri, tewas karena tanpa sengaja menembak dirinya sendiri ketika ingin melakukan selfie.

Menurut laporan St. Louis Post-Dispatch, remaja bernama DaMontez Jones itu ingin berpose selfie dengan pistol milik tunangan ibunya.

1 dari 3 halaman

2. India

Seorang remaja meninggal dunia di India pada 5 April 2016 karena hendak melakukan selfie di atas air mancur batu di kebun binatang di Hyderabad.

Remaja berusia 16 tahun tersebut dilaporkan memanjat air mancur batu itu karena hendak melakuan selfie, tapi sayangnya tergelincir dan jatuh ke dalam air.

Pihak kepolisian mengatakan ia tergelincir, lalu jatuh ke dalam air dan kemungkinan kepalanya terbentur batu. Sayangnya, nyawanya tak bisa diselamatkan ketika dibawa ke rumah sakit.

Selfie berujung maut kembali terjadi di India pada awal 2017. Seorang pria bernama Gaurav Sahni meninggal dunia ketika mencoba melakukan selfie di jalur kereta api dekat Dhuri Lines, Ludhiana, Punjab,India.

Sebuah kereta api menabrak pria berusia 22 tahun itu ketika ia melakukan selfie.

2 dari 3 halaman

3. Indonesia

Insiden serupa juga pernah terjadi di Indonesia, bahkan dua kali dalam satu bulan yaitu Mei 2015. Pria bernama Eri Yunanto jatuh ke dalam kawah Gunung Merapi ketika melakukan selfie. Nahas, nyawa pria berusia 21 tahun asal Yogyakarta itu tidak terselamatkan.

Kemudian, seorang wisatawan asal Singapura meninggal dunia setelah jatuh ke laut ketika melakukan selfie di atas tebing di Nusa Lembongan, Bali. Pria bernama Mohamed Aslam Bin Sahul tersebut berusia 21 tahun.

Enam kejadian ini hanya sedikit dari banyaknya selfie berujung maut yang telah terjadi di dunia. Insiden ini seharusnya menjadi pengingat bahwa kita harus selalu berhati-hati, termasuk saat melakukan kegiatan yang mungkin tampak tidak membahayakan seperti selfie.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Balon Udara Jatuh di Pulau Jeju Korea Selatan, 1 Orang Tewas
Artikel Selanjutnya
Bikin Bergidik, Aksi Nekat Pria Ambil Ponsel di Kawah Bromo