Sukses

Bukan di Luar Angkasa, Alien Selama Ini Hidup di Dasar Laut?

Meski demikian, upaya peneliti soal kehidupan alien di dasar laut terbatas oleh kondisi suhu ekstrem yang sangat dingi.

Liputan6.com, California - Tanda-tanda kehidupan alien di alam semesta hingga saat ini memang masih menjadi misteri. Walau begitu, para ilmuwan optimistis jika suatu saat nanti makhluk ekstraterestrial tersebut bisa ditemukan.

Beragam cara dan upaya pun terus dicoba sejumlah ilmuwan agar setidaknya bisa mencari titik di mana alien berada. Sayang, hingga kini pencarian tersebut masih nihil. Lantas, apakah memang benar alien ada di luar angkasa?

Menurut mantan ilmuwan NASA Alan Stern, alien justru tidak berada di luar angkasa. Besar kemungkinan jika alien hidup di bawah Bumi, tepatnya di bawah laut. Bahkan, di dasar laut dunia.

"Jika kita sudah lelah mencari alien di luar angkasa, saya sarankan coba untuk mencarinya di dunia lain, di mana dunia biologis seperti wilayah perairan atau lebih dalam dari itu bisa menguak misteri yang selama ini kita tanya," ujar Stern yang kini bekerja di Southwest Research Institute, Texas, Amerika Serikat sebagaimana dikutip Express pada Sabtu (28/10/2017).

Berdasarkan teori ilmiah Stern, lokasi di bawah laut dianggap rasional. Sebab, wilayah dasar laut yang paling dalam di Bumi diklaim mampu terlindungi dari radiasi dari luar angkasa.

"Wilayah dasar laut itu dingin. Mereka (alien) bisa hidup dalam suhu ekstrem, bisa di bawah lapisan es tebal. Namun dengan suhu yang begitu dingin kami para peneliti tentu tidak bisa melakukan penelitian lebih lanjut. Itulah yang jadi masalah," terangnya.

"Ada 'dunia' di dasar laut yang masih perlu kita telusuri. Karena itu, dunia tersebut 'memutuskan' kontak kita karena terbatas oleh karakteristik interior yang tak mungkin bisa kita tembus, seperti lapisan dan bebatuan es," lanjutnya menambahkan.

Teori Stern juga didukung oleh peneliti Institute of Cosmos Sciences Universitas Barcelona, Fergus Simpson. Namun, peneliti harus bisa membuktikan teori itu benar. Sebab bisa saja ada makhluk yang tinggal di dasar laut tetapi justru bukan sebagai alien.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.