Sukses

Menkominfo Lirik Bos Amazon Jadi Penasihat e-Commerce Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, akhirnya resmi menunjuk pendiri sekaligus Executive Chairman Alibaba Group, Jack Ma sebagai penasihat e-Commerce Indonesia.

Jack Ma tidak sendiri. Ia adalah salah satu dari beberapa penasihat e-Commerce yang berfokus pada tujuh poin roadmap e-Commerce Tanah Air. Lantas, setelah Jack Ma, siapa lagi yang akan menyusul?

Menurut rumor yang beredar, pria yang akrab disapa Chief RA tersebut akan menunjuk salah satu nama besar pemimpin e-Commerce di ranah internasional untuk menjadi penasihat berikutnya. Jeff Bezos, pendiri sekaligus CEO Amazon disebut-sebut menjadi kandidat terkuat. Apakah rumor ini benar?

Menanggapi kabar burung itu, Chief RA enggan berkomentar banyak. Pria berkacamata tersebut hanya memberikan secuil senyuman, seolah membenarkan jika Jeff Bezos akan menjadi kandidat berikutnya.

Lantas, tidak ada yang bisa memastikan apa memang Chief RA membenarkan rumor tersebut atau tidak.Ia tak memberikan kepastian, alih-alih cuma berujar, "Tunggu saja."

"Kombinasinya (susunan penasihat pada tujuh poin roadmap e-Commerce) harus nasional dan internasional, yang pasti harus lebih banyak nasional. Tunggu dululah, nantilah," ujarnya seraya pergi kepada Tekno Liputan6.com seusai rapat Komisi I DPR RI, Jakarta, Senin (28/8/2017).

Sekadar informasi, Menkominfo mengungkap masing-masing penasihat e-Commerce nanti akan ditempatkan pada tujuh poin inti roadmap yang akan berfokus pada penggodokan industri ekonomi digital. Adapun di antaranya meliputi logistik, pendanaan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, pajak, pendidikan, komunikasi siber, serta SDM.

Adapun, peran Jack Ma di sini hanya akan memberikan masukan untuk bidang Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia. Ia juga dipilih karena ingin menjadikan Indonesia sebagai 'hub' pengembangan SDM untuk e-Commerce di kawasan regional.

Jadi nanti, masing-masing dari tujuh poin tersebut akan memiliki penasihat. Saat ini, baru Jack Ma yang ditunjuk sebagai penasihat khusus SDM. Sementara, enam lainnya masih dalam tahap pendekatan.

"Yang penting, yang (penasihat) lokal akan lebih banyak ambil andil. Kalau luar (negeri) tentu masih ada tetapi lagi diproses," pungkasnya.

(Jek/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: