Sukses

Genap Berusia 10 Tahun, Ini Perubahan yang Dihadirkan iPhone

iPhone genap berusia 10 tahun sejak kemunculannya pada 29 Juni 2007. Berikut adalah berbagai perubahan yang telah dihadirkan oleh iPhone.

Liputan6.com, Jakarta - Pada 10 tahun lalu, tepatnya 29 Juni 2007, Apple memperkenalkan produk smartphone mereka yang diberi nama iPhone.

iPhone bukanlah smartphone pertama di dunia, tetapi keberadaannya disebut-sebut telah mengubah dunia dan merevolusi penggunaan telepon genggam. Tak percaya?

Berikut adalah beberapa hal yang berubah setelah iPhone diperkenalkan secara langsung oleh founder Apple Steve Jobs seperti Tekno Liputan6.com kutip dari Recode.

1. iPhone Bikin Internet Bisa Ditaruh di Saku

Saat memperkenalkan iPhone, Jobs menyebut iPhone adalah "telepon genggam revolusioner", "iPod layar lebar dengan kendali layar sentuh", serta "terobosan perangkat komunikasi internet".

iPhone sendiri disebut-sebut sebagai perangkat internet yang memberikan dampak besar bagi seluruh dunia. Hal ini diperlihatkan dalam sebuah grafik yang menunjukkan penggunaan telepon genggam kian lama makin memperlihatkan ledakan lalu lintas internet. Tentunya hal tersebut didorong oleh beragam aplikasi pada iOS dan Android selama bertahun-tahun.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ubah Fotografi

2. iPhone Ubah Fotografi dari Hobi Jadi Bagian Kehidupan Sehari-hari

Smartphone, segala macam aplikasi penyuntingan foto, dan kamera bagus yang disematkannya telah mengubah fotografi dari hobi menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Apalagi dengan kemunculan berbagai platform media sosial yang jadi tempat pengguna pamer foto.

Tahun ini, setidaknya ada 1.2 triliun foto digital yang diambil di seluruh dunia. Sebanyak 85 persen di antaranya dijepret melalui smartphone. Demikian disebutkan oleh perusahaan riset KeyPoint Intelligence. Bayangkan, pada 2011 jumlah foto digital "hanya" 400 miliar foto.

3. App Store Ubah Cara Distribusi Software

Apple merilis toko aplikasi App Store pada 2008, satu tahun setelah merilis iPhone. Saat itu, ada 500 aplikasi yang tersedia. Menurut App Annie, sembilan tahun setelahnya, diprediksi jumlah aplikasi pada App Store meningkat jadi 2,1 juta aplikasi. Sementara di Google Play, ada 3,4 juta aplikasi.

Aplikasi telah mengubah sebuah ponsel jadi berbagai hal. Dari bank hingga perangkat untuk memainkan gim. Berbagai hal telah digantikan dengan adanya macam-macam jenis aplikasi, sebut saja peta, lampu senter, jam, pemindai, kamera untuk merekam video, kalender, kalkulator, komputer, iPod, dan banyak lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Ubah Cara Kerja Banyak Orang

4. iPhone Ubah Cara Kerja Orang

Pekerjaan on-demand telah dimulai sejak pertama kalinya internet muncul, yakni tahun 1990-an. Angka ini memang tak tumbuh signifikan, hingga kehadiran smartphone dengan GPS dan berbagai aplikasi on-demand seperti Uber.

Menurut seorang peneliti Emergent Research Steve King, setidaknya kini ada 4 juta pekerja on-demand di Amerika Serikat. Angka ini diprediksi akan terus meningkat hingga 4 tahun ke depan.

5. iPhone Bikin Apple Jadi Perusahaan Paling Mahal di Dunia

Sebelum iPhone dirilis, Apple merupakan startup yang terus berjuang demi kelangsungan bisnisnya. iPod cukup memengaruhi kesuksesan Apple, tetapi tentunya tak sebesar iPhone.

Setelah kehadiran iPhone, nilai perusahaan melonjak dua kali lipat di atas perusahaan pertambangan Exxon Mobil dan tiga kali lipat di atas General Electric.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.