Sukses

Ikea Gaet Apple Garap Augmented Reality, Mau Buat Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Ikea dikenal sebagai perusahaan ritel yang menjual furnitur untuk kebutuhan rumah tangga. Namun siapa sangka, kini Ikea mulai merambah bidang teknologi, khususnya Augmented Reality (AR).

Perusahaan yang berasal dari Swedia itu baru saja mengumumkan kerja sama dengan Apple untuk mengembangkan aplikasi berbasis teknologi AR. Aplikasi yang rilis untuk iOS ini rencananya dipakai untuk membantu konsumen Ikea berbelanja. 

"Ini akan menjadi aplikasi AR pertama yang membantu konsumen untuk membuat keputusan saat berbelanja," ujar Leader of Digital Transformation Ike, Michael Valdsgaard, seperti dikutip dari Business Insider, Rabu (21/6/2017).

Jadi, aplikasi memungkinkan konsumen mencoba furnitur virtual untuk diletakkan di dalam rumah, sebelum memutuskan untuk membelinya. Meski masih proyek perdana, Valdsgaard ternyata sudah memiliki beberapa rencana untuk aplikasi ini.

Salah satunya adalah memungkinkan transaksi pembelian dilakukan langsung dalam aplikasi. Menurut rencana aplikasi ini akan mulai digulirkan menjelang akhir tahun ini dengan menampilkan sekitar 500 hingga 600 produk yang dapat dicoba.

"Ketika kami meluncurkan produk baru di masa yang akan datang, produk itu akan pertama kali tampil dalam aplikasi ini," tutur Valdsgaard. Keputusan Ikea untuk memilih Apple juga bukan tanpa alasan.

Menurut Valdsgaard, Apple merupakan perusahaan yang terbilang ahli dalam AR sehingga menjadi pelengkap krusial untuk aplikasi ini. Terlebih, ekosistem perusahaan asal Cupertino itu sudah sangat besar dan berpeluang dikenal lebih banyak pengguna.

(Dam/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

Loading