Sukses

Ilmuwan Ciptakan Baterai Imut yang Hadirkan Daya dan Pendingin

Ilmuwan berhasil menciptakan baterai imut yang mampu menghadirkan daya dan pendingin dalam sekaligus.

Liputan6.com, Jakarta - Musuh utama bagi prosesor smartphone adalah hawa panas. Untuk menghindari penumpukan hawa panas di smartphone, salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menghadirkan prosesor yang lebih kuat.

Rupanya ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menghindarinya. Sekelompok ilmuwan dari IBM dan ETH Zurich berpikir mereka dapat sebuah solusi yakni mengembangkan baterai.

Mengutip laporan BGR, Rabu (29/3/2017), para ilmuwan mengembangkan baterai flow berukuran kecil. Baterai flow ini menggunakan elektrolit yang dilarutkan dalam cairan untuk menyimpan beban. Seperti kebanyakan cairan, cairan pada baterai ini cukup baik dalam membawa panas.

Selanjutnya, para ilmuwan mengembangkan pengaturan yang membuat baterai mampu menghadirkan daya, tetapi juga menjadi medium untuk mengusir panas yang dihasilkan dari kinerja prosesor.

Sebenarnya, baterai flow bukanlah teknologi baru, namun implementasi teknologi baterai flow cukup unik. Biasanya baterai flow berukuran sangat besar dan dipakai untuk menyimpan daya dalam waktu yang cukup lama.

Kenyataannya, pada penelitian ini, tim ilmuwan mengembangkan sebuah cara, yakni dengan menggunakan air netral sebagai kendaraan yang mengangkut larutan elektrolit. Tujuannya untuk memberikan arus yang lebih besar dan mempertahan pemakaian baterai sekaligus mengurangi degradasi dari waktu ke waktu.

Mahasiswa doktoral ETH Zurich Julian Marschewski mengatakan, tim ilmuwan mereka adalah yang pertama mengembangkan teknologi seperti ini. "Kami adalah sekelompok ilmuwan pertama yang mengembangkan baterai flow berukuran kecil, yang menghadirkan daya tetapi juga mendinginkannya," ujar Marschewski.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini