Sukses

Menkominfo Ajak Blogger di Ambon Perangi Hoax

Di sela-sela peringatan Hari Pers Nasional, Menkominfo Rudiantara sempat membuka diskusi dengan blogger di Ambon untuk itu memerangi hoax

Liputan6.com, Ambon - Bersamaan dengan peringatan Hari Pers Nasional di Ambon, Maluku, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara juga mengajak komunitas blogger kota Ambon untuk bersama-sama memerangi hoax.

"Upaya untuk memerangi hoax ini tidak hanya menjadi tanggung bersama pemerintah dan masyarakat, dan harus juga muncul dari rekan-rekan blogger dan netizen" tutur Rudiantara dalam pertemuan dengan blogger di Ambon, Rabu (8/2/2017).

Menkominfo juga tak menampik ada kesenjangan yang dialami oleh kalangan blogger di Ambon. Menurutnya, kesenjangan itu terjadi mengingat konektivitas di Ambon yang tidak sebaik wilayah Jawa.

"Kondisi itu membuat agak sulit dalam menangkal isu hoax untuk proses cek dan ricek mengingat konektivitas yang tidak bagus tersebut," ujar pria yang akrab dipanggil Chief RA itu. Karenanya, pemerintah tengah membangun tol informasi melalui Program Palapa Ring.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah Aji dari Komunitas Blogger Jakarta dan Habib Almascatie dari Komunitas Blogger Ambon dengan Blontang sebagai moderator. Diskusi yang dilakukan itu menjadi sarana berbagi pengalaman untuk mengatasi informasi palsu dan tips menghindarinya.

"Verifikasi dan cross check perlu dilakukan oleh netizen untuk pelurusan dari berita palsu tersebut melalui media sosial sehingga tidak menjadi polemik yang dapat memicu keresahan berkenaan dengan SARA," ujar Habib. Acara diskusi itu ditutup dengan menonton film dokumenter Lentera Maya.

(Dam/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini