Sukses

Survei: Pengguna Tak Nyaman Pakai Asisten Virtual di Tempat Umum

Pengguna smartphone rupanya masih enggan menggunakan asisten virtual di tempat umum.

Liputan6.com, Jakarta - Asisten virtual seperti Siri dan Alexa menjadi salah satu hal penting untuk masa depan teknologi. Perusahaan teknologi seperti Apple, Google, Amazon, Microsoft, Samsung, dan lain-lain berinvestasi dalam jumlah besar untuk asisten virtual.

Sebagian dari perusahaan teknologi bahkan menggunakan asisten virtual sebagai nilai jual untuk perangkat barunya. Sayangnya, ada sejumlah rintangan dalam penerimaan asisten virtual ke skala lebih luas.

Penyebabnya cukup sederhana. Mengutip laman Business Insider, Rabu (1/2/2017), orang-orang rupanya masih enggan menggunakan asisten virtual di tempat umum.

Hal ini diketahui dari hasil survei yang dilakukan oleh Creative Strategies pada Juli 2016. Kebanyakan pengguna memakai asisten virtual seperti Siri dan Alexa di rumah (39 persen) atau di mobil (51 persen).

 

Kecenderungan pengguna saat mengakses asisten virtual berbasis perintah suara (Sumber: Business Insider)

Sementara, saat pengguna berada di tempat umum, angka penggunaan asisten virtual hanya 6 persen. Begitu juga dengan saat berada di kantor, jumlah penggunaan hanya 1 persen. Artinya, saat pengguna tidak memiliki kenyamanan privasi dan saat tidak sibuk, jumlah angka penggunaan menurun.

Meski begitu, bisa dibilang bahwa makin familiar asisten virtual, makin banyak juga pengguna yang memakai jasanya. Nah, jika hal tersebut terjadi, diharapkan pemahaman asisten virtual juga akan makin membaik.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.