Sukses

Bos Nintendo: Kami dan Apple Punya Visi Misi yang Sama

Shigeru Miyamoto, kreator kawakan Nintendo, mengaku pihaknya memiliki kesamaan dengan Apple. Apa yang ingin ia ungkap?

Liputan6.com, California - Gim mobile teranyar Nintendo, Super Mario Run akan dirilis dalam hitungan hari. Seperti diketahui, Super Mario Run adalah gim mobile pertama buatan Nintendo yang menampilkan Mario sebagai karakter utamanya untuk iOS.

Lantas, seberapa spesialnya hubungan Nintendo dengan Apple, sampai-sampai memilih iOS sebagai perangkat eksklusif yang kebagian Super Mario Run terlebih dahulu?

Seperti disampaikan Shigeru Miyamoto, desainer gim kawakan yang juga merupakan salah satu petinggi Nintendo, hubungan pihaknya dengan Apple memang sangat dekat. Namun, Nintendo tidak memanfaatkan keakraban ini semata-mata hanya untuk merilis Super Mario Run secara eksklusif.

Dalam sebuah wawancara khusus dengan Glixel, Rabu (14/12/2016), kreator Super Mario tersebut mengatakan, baik Nintendo dan Apple memiliki banyak kesamaan, terlebih pada visi dan misi. Menurutnya, apa yang telah dilakukan oleh Nintendo kepada konsumen sama persis dengan upaya yang dilakukan Apple.

"Kami adalah perusahaan yang berfokus kepada bagaimana cara orang-orang menggunakan produk kami. Kami merancang semuanya agar berguna bagi semua orang, tak terkecuali. Ini juga yang dilakukan Apple," tutur pria kelahiran Jepang, 16 November 1952 tersebut.

Tak hanya itu, Miyamoto juga mengungkit kesamaan salah satu perangkat Nintendo, yaitu Super Nintendo Entertainment System (SNES, atau sering disebut Super Nintendo) dengan Macintosh, perangkat komputer rumahan Apple.

Ia menilai, Macintosh mengusung konsep hiburan yang fun dan menarik, tampak jelas dari logonya yang berwarna-warni kala pertama kali diluncurkan.

"Kesamaan ini persis dengan kontroler SNES kami yang juga hadir dengan warna-warni. Kami pun ingin membawa nuansa entertainment yang tak kalah seru," ia melanjutkan.

Miyamoto pun melontarkan pujian kepada Chief Design Officer Apple, Jony Ive. Ia mengganggap Ive sebagai salah satu inspirasi baginya dalam merancang.

"Saya adalah seorang desainer karakter gim. Ive juga seorang desainer produk. Saya selalu menilai apa yang dilakukan Ive sebagai pedoman saya ketika bekerja. Baik Ive dan saya berpikir, hasil kerjaan kami adalah untuk dinikmati orang-orang," pungkasnya.

Super Mario Run akan tersedia di App Store iOS mulai Kamis, 15 Desember 2016. Gim ber-genre endless runner dengan bumbu platformer ini mengusung konsep freemium, yang artinya pemain harus membayar sekitar Rp 133 ribu. Meski begitu, nanti aakan ada sejumlah konten yang akan tersedia tanpa harus membayar.

Selain iOS, Super Mario Run juga akan hadir pada perangkat Android di 2017 mendatang.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.