Sukses

Pendapatan Data dan Internet Telkom Tumbuh 37 Persen

Telkom mencatat pertumbuhan tajam pada bisnis data, internet, dan IT sebesar 37 persen di tahun ini.

Liputan6.com, Bandung - PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) mencatat pertumbuhan tajam pada bisnis data, internet, dan IT sebesar 37 persen di tahun ini.

Menurut Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga, dari total pendapatan Rp 86,19 triliun (tumbuh 13,8 persen secara year on year/YoY), tiga lini bisnis tersebut sangat menyokong pendapatan.

“Ini sejalan dengan arah perusahaan yang tengah bertransformasi menjadi digital telecommunication company. Pencapaian ini merupakan hasil upaya Telkom menjadi penggerak terbentuknya komunitas digital di berbagai area," katanya di Bandung, belum lama ini.

Alex menambahkan, salah satu indikator pertumbuhan terlihat dari anak perusahaannya, PT Telkomsel. Pendapatan digital business-nya tumbuh 40,8 persen menjadi Rp 22,17 triliun dan berhasil mencetak laba bersih Rp 21,03 triliun dari total pendapatan sembilan bulan pada 2016 sebesar Rp 63,65 triliun.

Direktur Keuangan Telkom Harry M Zen mengungkapkan, pelanggan layanan data, internet, dan IT services miliknya seperti mobile broadband (Flash) tumbuh 33,1 persen menjadi 50,48 juta.

Ditambah peningkatan Average Revenue Per User (ARPU) akibat melonjaknya penggunaan mobile broadband

 "Sementara itu, pelanggan bisnis fixed broadband tumbuh 15,4 persen menjadi 4,3 juta pelanggan, yang mana 1,52 juta di antaranya pelanggan Triple Play IndiHome," katanya.

Untuk periode Kuartal III 2016, ARPU IndiHome mencapai Rp 313 ribu per bulan, meningkat dibandingkan periode Kuartal II 2016 yang sebesar Rp 300 ribu.

"Guna meningkatkan penetrasi IndiHome, perseroan tengah gencar meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, baik melalui peningkatan kapabilitas maupun penambahan tenaga teknisi, serta meningkatkan layanan penjualan dan purna jual," ia menambahkan.

Di sisi lain, kata dia, Telkomsel juga telah membangun sebanyak 20.808 BTS baru, yang mana sekitar 90 persen merupakan BTS 3G/4G atau sejalan dengan fokus mengembangkan bisnis digital.

Dengan demikian, hingga September 2016 total BTS yang dioperasikan Telkomsel mencapai 124.097 unit atau tumbuh 23,6persen dalam kurun satu tahun ini dan sebanyak 59,4persen diantaranya merupakan BTS 3G/4G.

“Namun demikian, performansi Telkom Group harus terus ditingkatkan sejalan dengan perkembangan bisnis dan memenuhi harapan stakeholder yang juga terus meningkat,” pungkas Harry.

(Msu/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini