Sukses

Digital Running Jadi Ajang Sosialisasi Pemanfataan Aplikasi

Kemenkominfo dan seluruh operator telekomunikasi menggelar digital running untuk menyosialisasikan pemanfaatan aplikasi digital.

Liputan6.com, Jakarta - Guna memperingati Hari Bakti Pos dan Telekomunikasi (Postel) ke-71, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama seluruh operator telekomunikasi menyelenggarakan acara Digital Running for Innovation and Digital Market serta pameran OTT di Plaza Barat Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (30/10/2016).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan aplikasi digital guna mendukung kemajuan ekonomi bangsa. Sebab, revolusi digital dapat memberi kontribusi nyata untuk perkembangan ekonomi Indonesia, terutama bagi industri kreatif.

Dalam acara ini, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan kegiatan ini jadi momentum bagi seluruh komunitas postel untuk menghadirkan layanan telekomunikasi terbaik, terjangkau, dan merata di seluruh tanah air.

"Hal ini juga untuk mendorong layanan digital makin luas di seluruh Indonesia, sehingga masyarakat makin menikmati manfaat digital," tutur Rudiantara dalam sambutannya.

Ia mengatakan, acara digital running ini baru pertama kalinya diadakan bersama oleh operator telekomunikasi. "Sebelumnya, Telkomsel, XL, Indosat.dan lain-lain punya (acara sendiri). Ini pertama kalinya komunitas karena kami ingin kerja sama antar-stakeholder," ujarnya.

Pada kesempatan sama, Ketua Umum Hari Bakti Postel ke-71 Alexander Rusli menyebutkan pihaknya menggelar berbagai acara, seperti 7,1K digital running, pasar digital, mobil klinik, dan lain-lain.

"Acara ini bertujuan memberikan manfaat lebih luas dari industri telekomunikasi kepada bangsa," kata Alex yang merupakan CEO dan Presiden Direktur Indosat Ooredoo.

Adapun acara ini tak hanya dihadirkan untuk komunitas postel, tetapi juga bagi masyarakat umum. Lomba digital running sendiri diikuti lebih dari 2.000 orang peserta.

Sedangkan kegiatan pasar digital diselenggarakan untuk memberikan literasi kepada masyarakat mengenai penggunaan electronic money milik industri telekomunikasi. Sehingga dapat menggiatkan penggunaan uang digital atau e-Money yang dimiliki tiap operator dalam transaksi eCommerce

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.