Sukses

Lenovo Bakal Ambil Alih Bisnis PC Fujitsu

Lenovo Group Ltd dilaporkan tengah dalam tahap penjajakan untuk membuat bisnis PC Fujitsu Ltd berada di bawah kontrolnya.

Liputan6.com, Jakarta - Lenovo Group Ltd dilaporkan tengah dalam tahap penjajakan untuk membuat bisnis Personal Computer (PC) Fujitsu Ltd berada di bawah kontrolnya. Jika berjalan lancar, selanjutnya Fujitsu akan fokus pada bisnis layanan IT dan lainnya.

Dikutip dari Reuters, Jumat (7/10/2016), harian bisnis Nikkei melaporkan Lenovo dan Fujitsu berharap kesepakatan kedua perusahaan tersebut bisa dicapai pada bulan ini. Dengan demikian, sekira dua ribu karyawan Fujitsu kemungkinan akan pindah ke Lenovo.

Jika kesepakatan tercapai, Fujitsu akan menjadi perakit PC Jepang kedua setelah NEC Corp. Kesepakatan ini sekaligus akan membantu Lenovo sebagai produsen PC terbesar di dunia, untuk tetap kompetitif di tengah tipisnya keuntungan pasar. Lenovo dan NEC sendiri membentuk usaha patungan di bisnis PC pada 2011.

Menurut laporan Nikkei, kemungkinan ada dua opsi kesepakatan yang dicapai Lenovo dan Fujitu. Pertama, Fujitsu akan memindahkan operasional desain, pengembangan dan manufakturnya ke bisnis patungan yang dipimpin Lenovo. Opsi lain, Lenovo membeli saham mayoritas unit PC Fujitsu.

Adapun Fujitsu dalam sebuah pernyataan mengatakan, pihaknya mempertimbangkan berbagai opsi untuk unit PC, tapi belum ada keputusan mengenai masa depannya. Sementara Lenovo menolak untuk berkomentar.

(Din/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.