Sukses

Terkuak, Snake Ternyata Bukan Gim Mobile Pertama di Dunia

Apakah kamu berpikir bahwa Snake dari Nokia adalah gim mobile pertama di dunia? Tunggu dulu, sejumlah gim ini hadir sebelum Snake lho

Liputan6.com, Jakarta - Seperti yang sudah kamu ketahui, mobile gaming kini sudah menjadi bagian penting bagi industri gim (game). Fenomena gim pada perangkat mobile sendiri mulai naik daun pada 5-6 tahun terakhir saat EA, Gameloft, dan beberapa developer gim lain masuk ke pasar mobile.

Meski begitu, tak diketahui pasti kapan sebenarnya mobile gaming bermula. Jika bicara mengenai gim mobile, banyak dari kamu yang berpikir bahwa Snake yang muncul di ponsel Nokia merupakan gim mobile pertama di dunia.

Akan tetapi, segelintir penelitian menunjukkan bahwa beberapa tahun sebelum Snake muncul, sudah ada sebuah gim lain yang terpasang pada ponsel.

Informasi yang Tekno Liputan6.com kutip dari Phone Arena, Senin (3/10/2016), gim Snake diluncurkan Nokia padatahun 1997. Gim ini kemudian menjadi sangat populer lantaran hanya tersedia di ponsel-ponsel Nokia.  

Namun rupanya itu bukan yang pertama, untuk diketahui, tiga tahun sebelumnya, sebuah gim Tetris telah lebih dahulu terpasang di sebuah ponsel bernama Hagenuk MT-2000.

Ponsel yang dibuat oleh perusahaan Denmark ini melenggang di tahun 1994 dan hadir dengan 'softkeys' yang sangat berguna untuk aktivitas gaming.

Hal lain yang menarik adalah, Hagenuk MT-2000 merupakan ponsel gaming di dunia yang memiliki sebuah antena. Sayangnya, gim Tetris yang terpasang di Hagenuk MT-2000 itu juga bukan gim mobile pertama yang diluncurkan di dunia.


Ponsel Hagenuk MT-2000 yang menghadirkan gim Tetris di tahun 1994 (Phone Arena)
Rupanya, di tahun 1993, IBM dan BellSouth bekerja sama mengembangkan sebuah proyek yang menghasilkan smartphone pertama di dunia yang bernama IBM Simon Personal Communicator.

Sayang, perangkat ini baru melenggang di pasaran pada Agustus 1994. Saat diluncurkan, ponsel ini tampil dengan fitur seperti faks dan sebuah gim yang bernama Scramble.

Scramble adalah semacam permainan puzzle yang mengharuskan pengguna menggeser kotak untuk membentuk sebuah gambar utuh.


IBM Simon Personal Communicator yang menghadirkan gim mobile pertama di dunia, Scramble di tahun 1993 (Phone Arena)Dengan kehadirannya yang lebih dahulu dibanding Tetris pada Hagenuk MT-2000 dan Snake pada Nokia, bisa dibilang Scramble pada IBM Simon Personal Communicator ini adalah gim mobile pertama di dunia. Tetris dan Snake menjadi gim mobile kedua dan ketiga di dunia.

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini