Sukses

3 Smartphone dengan Lensa Kamera Jempolan

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, kamera dengan hasil foto jernih dan tajam menjadi salah satu kebutuhan yang wajib ada pada sebuah smartphone.

Melihat pentingnya kebutuhan kamera yang mumpuni pada sebuah smartphone, beberapa produsen ponsel sengaja menggandeng vendor kamera dan optik.

Berikut adalah beberapa smartphone yang menghadirkan lensa dari vendor-vendor kamera dan penyedia optik ternama di dunia.

1. Moto Z

Moto Z merupakan smartphone Lenovo yang termasuk dalam salah satu lini flagship milik perusahaan Tiongkok ini.

Tak tanggung-tanggung, untuk memberikan hasil foto yang sempurna, Lenovo bekerja sama dengan perusahaan yang memproduksi perangkat kamera, Hasselblad, untuk menghasilkan aksesori Hasselblad True Zoom.

Jika kamu pecinta kamera dan fotografi, tentu pernah mendengar nama besar Hasselblad bukan? Perusahaan asal Swedia ini dikenal sebagai produsen perangkat kamera kualitas jempolan.

Kolaborasi keduanya diwujudkan dengan kehadiran Moto Z dan Moto Mods (aksesor penjunjang Moto Z) pada 1 September 2016 di ajang IFA yang bertempat di Berlin, Jerman.

Lalu, apa yang membuat Moto Z patut jadi smartphone dengan dukungan kamera yang mumpuni? Rupanya, dengan kehadiran Hasselblad True Zoom, Lenovo yakin mampu menyulap Moto Z menjadi kamera digital.

Tampilan dari seri smartphone terbaru Motorola yakni Moto Z dan Moto Z Force (sumber: engadget.com)
Untuk diketahui, Hasselblad True Zoom menawarkan 10 kali optical zoom berkat sensor 13MP yang tersemat pada kameranya. Dengan dukungan Xenon Flash, kamera ini juga bisa dipakai untuk kondisi low light alias minim cahaya.

Bukan itu saja, Hasselblad True Zoom juga mampu menghasilkan file mentah (raw file), yang dianggap sebagai format terbaik untuk hasil jepretan sebuah kamera.

Ada pula fitur lain yakni backup otomatis untuk setiap jepretan yang dihasilkan ke layanan Hasselblad. Karenanya, pengguna tak perlu khawatir bahwa ruang penyimpanan di smartphone akan penuh.

Dari segi desain, Hasselblad True Zoom juga dirancang dengan desain khas Hasselblad yang ergonomis sehingga nyaman digenggam meski dengan satu tangan.

Belum lagi, kehadiran tombol shutter tambahan di Hasselblad True Zoom membuat penggunanya tak perlu menekan shutter di layar ponsel.

Selain kamera yang keren, ponsel ini juga memiliki fitur premium lainnya, misalnya chipset Snapdragon 820 dari Qualcomm, RAM 4GB, serta layar Quad HD AMOLED seluas 5,5 inci. Ada juga fitur pemindai sidik jari dan OS Android 6.0 Marshmallow yang bisa diperbarui ke Android Nougat.

2 dari 3 halaman

Huawei P9

2. Huawei P9

Dalam menghasilkan sebuah ponsel dengan kamera gahar, perusahaan teknologi Tiongkok ini menggandeng perusahaan kamera legendaris Jerman, Leica.

Melalui kemitraan tersebut, Leica turut berperan dalam proses pengembangan kamera ganda yang tersemat pada flagship smartphone ini.

Leica memberikan lisensi terkait kualitas untuk kamera Huawei P9 serta ikut serta dalam pengolahan algoritma yang dipakai pada kamera Huawei P9.

Lantas seperti apa kamera Huawei P9 yang mendapat lisensi dari Leica ini? Smartphone ini memiliki kamera ganda, satu kamera monochrome dan satunya lagi adalah RGB dengan resolusi masing-masing 12MP, bukaan lensa f/0.95.

Supaya foto yang dihasilkannya makin sempurna, kamera ini dipadu dengan dual-tone LED flash dan laser autofocus system.

Berkat panduan teknologi inilah, kamera dapat menangkap gambar dengan cepat. Meski begitu, kamera utama Huawei P9 tak dilengkapi dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS). Huawei merasa dengan sensor monokrom, kameranya bisa menyedot lebih banyak cahaya dibandingkan smartphone biasa.

Huawei P9 tampilan depan (Liputan6.com/ Andina Librianty)
Huawei mengklaim, sistem kamera P9 bisa menghasilkan gambar 200 persen lebih terang dengan 50 persen lebih kontras yang membuatnya setara ukuran piksel 1,76 mikron.

Kamera yang tersemat pada Huawei P9 menawarkan mode Pro yang memungkinkan pengguna mengatur ISO, kecepatan rana, dan pengaturan lainnya dengan lebih leluasa.

Selain kamera mumpuni, smartphone ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur premium lain. Sebut saja tenaga dari chipset Kirin 955 octa-core yang dipadukan dengan RAM 3GB dengan teknologi image signal processor (ISP).

Ruang penyimpanan ponsel berukuran layar 5,2 inci ini juga cukup luas, yakni 32GB dan 64GB dan didukung dengan RAM 4GB serta OS Android Marshmallow 6.0 dan sentuhan EMUI 4.1.

Hasil bidikan kamera ganda Huawei dan Leica di seri P9. (Liputan6.com/Andina Librianty)
Baterai yang diusungnya memiliki kapasitas 3.000mAh dengan teknologi pengisian cepat. Dengan demikian, pengisian daya bisa 180 persen lebih cepat dibandingkan pesaingnya. Dengan 10 menit pengisian, Huawei P9 bisa mencapai talk time 5 jam.

3 dari 3 halaman

Nokia Lumia 1020

3. Nokia Lumia 1020

Meski sudah cukup lama, Lumia 1020 bisa dibilang merupakan salah satu smartphone dengan kamera berkualitas jempolan. Menggandeng perusahaan sistem optik dari Jerman, Carl Zeiss, smartphone ini pun makin memiliki kualitas kamera layaknya DSLR.

Berdasarkan laman GSM Arena yang Tekno Liputan6.com kutip, smartphone ini memiliki kamera utama dengan sensor 41MP. Hasil bidikan pun bakal lebih maksimal dengan kinerja dari optik Carl Zeiss yang disematkan di sana.

Bukan hanya itu, tambahan teknologi pencitraan PureView yang ada di kamera Lumia 1020 bisa memberikan gambar yang berkualitas tinggi, serta mempunyai peningkatan kinerja pada kondisi minim cahaya.

Keunggulan lain dari Nokia Lumia 1020 adalah Optical Image Stabilization yang dihadirkan untuk mencegah guncangan (shaking) tangan saat sedang mengambil foto. Tak hanya itu, pengaturan shutter speed pada kamera Lumia 1020 mencapai 1/16 detik yang kabarnya melebihi kebanyakan kamera DSLR.

Lumia 1020 (theverge.com)
Dengan kamera milik Lumia 1020, warna yang dihasilkan pun lebih natural, gambarnya tajam, dan meredam noise.

Selain kamera, fitur-fitur lain yang dihadirkan untuk menunjang kebutuhan pengguna di antaranya chipset Snapdragon S4 yang dipadukan dengan RAM 2GB serta ruang penyimpanan internal dengan opsi 32GB atau 64GB.

Baterai yang mendukung kinerja pun dikabarkan bisa aktif dengan waktu standby hingga 384 jam dalam jaringan 3G. Sedang talktime-nya mencapai 13 jam 20 menit dalam jaringan 3G.

Bagaimana menurut kamu, apakah smartphone di atas cukup bisa menyaingi hasil foto dari kamera DSLR?

(Tin/Isk)

Loading