Sukses

Ayo Bernostalgia Dengan 7 Gim Jadul Ini

7 gim jadul ini diklaim paling laris pada masanya. Ingin main lagi?

Liputan6.com, Jakarta - Euforia gim jadul (jaman dulu) diyakini masih membekas di benak para pemain hingga sekarang.

Banyak yang bilang, gim jadul tak sekadar sebuah permainan klasik yang menghibur, melainkan sebuah memori manis yang ikut tumbuh dengan kehidupan para pemainnya.

Bicara soal gim jadul, pasti banyak judul gim yang pernah kamu mainkan saat kamu masih kecil atau beranjak remaja. Seperti diketahui gim-gim lawas tersebut memang dirilis di era 1980 hingga 1990-an.

Konsolnya pun bervariasi, mulai dari Nintendo, Sega, Atari, hingga Sony PlayStation. Nah, untuk kembali napak tilas, Tekno Liputan6.com akan sajikan beberapa judul gimjadul terbaik pada masanya.

Judul-judul gim ini, diambil berdasarkan popularitas, jumlah pemain dan penjualannya. Apa saja? Mengutip informasi laman Geek, Sabtu (27/8/2016), berikut 7 gim jadul terbaik sepanjang masa yang patut kamu mainkan kembali.

1. The Legend of Zelda: A Link to The Past


Seri Zelda yang satu ini diklaim menjadi salah satu seri terbaik pada masanya. Dirilis untuk Super Nintendo pada 1991, gim dengan genre adventure ini diklaim sukses secara komersial dan menjadi salah satu gim terbaik sepanjang masa. Secara keseluruhan, seri ini terjual hingga 4 juta kopi di seluruh dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Chrono Trigger hingga Donkey Kong

2. Chrono Trigger


Sama seperti The Legend of Zelda: A Link to The Past, Chrono Trigger juga dirilis untuk konsol Super Nintendo. Gim buatan Square Enix (yang pada saat itu bernama SquareSoft) ini ber-genre RPG dan desain para karakternya digarap oleh kreator Dragon Ball, Akira Toriyama. 

Kesuksesan Chrono Trigger terbukti dari penjualannya yang bombastis, yakni menyentuh angka 3 juta kopi di seluruh dunia. Bahkan, gim ini berhasil di-port ke versi PlayStation 1 dan Nintendo DS dan tetap mendulang sukses dengan capaian penjualan 1 juta kopi.

3. Donkey Kong Country


Dirilis pada 1994 silam untuk konsol Super Nintendo, Donkey Kong Country diklaim menjadi gim dengan genre platform adventure terpopuler kedua di Super Nintendo.

Tak tanggung-tanggung, gim yang dirilis dengan judul Super Donkey Kong di negara Jepang ini bahkan mampu mencetak rekor penjualan sebanyak 9 juta kopi di seluruh dunia!

3 dari 4 halaman

Final Fantasy IV hingga Mario Kart

4. Final Fantasy IV


Final Fantasy IV adalah seri Final Fantasy pertama yang diklaim sukses dengan capaian penjualan 4 juta kopi dalam skala global.
Gim yang dibuat oleh sutradara kawakan Hironobu Sakaguchi ini dirilis pada 1991 silam untuk Super Nintendo, dan kembali di-port untuk rilis di PlayStation 1 dengan judul Final Fantasy Chronicles, serta di-remake untuk Nintendo 3DS.

5. Super Mario Kart


Jika kamu berpikir Super Mario Bros jadi gim jadul terbaik sepanjang masa, kamu keliru. Pasalnya, gim balap Mario yang berjudul Super Mario Kart didapuk menjadi gim terbaik pada masanya.

Dengan rekor penjualan 9 juta kopi di seluruh dunia, gim yang dirilis untuk Super Nintendo pada 1991 silam ini mendapatkan review positif dan beberapa kali didaur ulang kembali untuk konsol berikutnya.

4 dari 4 halaman

Final Fantasy VIII hingga Resident Evil

6. Final Fantasy VIII


Selain Final Fantasy IV, seri kedelapan Final Fantasy ini juga diklaim menjadi gim jadul terbaik di era awal 2000-an. Apalagi, Final Fantasy VIII disebut-sebut menjadi salah satu seri Final Fantasy 'pertama' yang dimainkan pemain newbie PS1.
Gim RPG yang dirilis untuk PS1 pada 1999 silam tersebut mencetak rekor terbesar dalam sejarah penjualan gim PlayStation, yakni dengan capaian 10 juta kopi di seluruh dunia!

7. Resident Evil


Dirilis untuk PS1 pada 1996, Resident Evil disebut-sebut sebagai tombak kebangkitan Capcom yang sempat terpuruk saat itu.

Bayangkan, gim survival horror ini mampu mencetak rekor penjualan terbesar di sejarah gim dengan capaian penjualan 61 juta kopi di seluruh dunia.

Inilah yang membuat Resident Evil sukses menelurkan sekuel terbarunya, serta diadaptasi ke film Hollywood.

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.