Sukses

Ada Perubahan Desain di Tombol Navigasi Android N?

Urutan dan fungsi tombol navigasi Android N masih tetap sama, hanya tombol Home kini hadir dengan warna khas Google.

Liputan6.com, Jakarta - Google telah merilis Android N versi developer preview pada bulan Maret lalu. Berdasarkan tampilan awal, Android baru tersebut ternyata tak menyertakan perubahan mendasar dari sisi desain.

Namun, kabar teranyar menyebutkan versi akhir dari sistem operasi ini akan hadir dengan perubahan tampilan pada tombol navigasi dan home. Berdasarkan informasi dari Android Police, perubahan tampilan navigasi ini akan ada pada seri ponsel Nexus selanjutnya.

Meski demikian, belum dapat dipastikan apakah perubahan desain ini hanya akan dirilis untuk perangkat Nexus, atau seluruh perangkat lain yang sudah menjalankan Android N versi stock.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (27/6/2016), desain tombol navigasi pada Android N sebenarnya tak banyak berbeda dari seri sebelumnya. Urutan ketiga tombol masih dipertahankan dengan bentuk yang sama.

Hanya, tampilan tombol Home terlihat lebih mencolok dengan dibalut warna khas Google (biru, merah, hijau, dan kuning). Tombol itu juga disebut akan memunculkan animasi ketika ditekan cukup lama, seperti saat mengakses Google Now.

Selain desain, tak ada perubahan fungsi dari ketiga tombol tersebut. Nama resmi dari Android N sendiri belum diketahui hingga saat ini.

Berdasarkan isu yang berkembang, pengumuman nama resmi sistem operasi Android anyar ini mungkin akan dilakukan pada akhir bulan. Kabarnya sudah ada dua perangkat yang dipersiapkan untuk berjalan pada Android N. Keduanya masuk ke dalam jajaran seri Nexus yang rencananya diperkenalkan pada tahun ini.

HTC kembali didapuk menjadi mitra Google untuk ponsel yang diberi kode nama 'Marlin' dan 'Sailfish' tersebut. Sayangnya, hingga saat ini belum ada informasi resmi lainnya mengenai spesifikasi masing-masing smartphone tersebut.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.