Sukses

6 Gim Lawas Ini Dilego dengan Harga Selangit

Liputan6.com, Jakarta - Siapa bilang main gim cuma sekadar hobi? Main gim ternyata juga bisa mendatangkan keuntungan tinggi. Apalagi bila berhubungan dengan gim atau konsol lawas dan langka.

Layaknya benda pada umumnya, gim-gim lawas yang sudah tidak diproduksi atau langka, sangat diminati banyak kolektor gim di seluruh dunia.

Para kolektor ini berani mengucurkan dana tanpa batas hanya untuk bernostalgia atau melengkapi koleksi gim atau konsol yang sudah dimiliki oleh mereka.

Untuk itu, tim Tekno Liputan6.com merangkum berbagai judul gim lawas yang luar biasa mahal dan langka. O ya, mungkin saja beberapa judul gim yang masuk ke dalam daftar ini sudah Anda miliki, tersimpan rapi di salah satu kardus di gudang rumah Anda.

6. Tetris [Sega Genesis/Mega-Drive]

Anda yang pernah main gim di akhir tahun 80-an pasti ingat dengan gim yang satu ini. Menjadi gim yang banyak dimainkan oleh anak-anak SD dan SMP kala itu, Tetris versi konsol ternyata dihargai cukup tinggi oleh para kolektor.

Kenapa bisa memiliki harga tinggi? Sederhana, hanya karena masalah legal. Kala itu, Nintendo merupakan pemilik lisensi resmi Tetris dan tidak ingin gim tersebut diproduksi untuk konsol lain dengan 10 katrid gim yang pernah diproduksi.
Tetris
Sebuah katrid kopi Tetris yang ditandatangani oleh Alexey Pajitnov (salah satu orang yang membuat Tetris) terjual di 2011 dengan harga hingga Rp 13 miliar.

Harga: Rp 37 juta hingga Rp 210 juta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

King of Fighters

5. King of Fighters 2000 [Neo-Geo]

Sekadar informasi, King of Fighters merupakan salah satu gim bertarung yang cukup populer hingga saat ini. Gim ini sempat menjadi perhatian para kolektor barang-barang gim video saat SNK akan bangkrut.

King of Fighters 2000
Dengan judul King of Fighters 2000, ini merupakan gim versi bahasa Inggris terakhir mereka yang diluncurkan untuk Neo Geo. Kabarnya, gim ini hanya ada 100 buah yang beredar di dunia.

Harga: Rp 52 juta hingga Rp 75 juta

3 dari 5 halaman

Wrecking Crews

4. Wrecking Crew [NES]

Jadi gim bundle saat Nintendo meluncurkan konsol pertamanya yang bernama Nintendo Entertainment System (NES), Wrecking Crew tidak terlalu populer di kalangan gamers ketimbang Super Mario Bros. Justru karena tidak terlalu terkenal itulah yang membuat gim ini jadi barang incaran para kolektor.

Wrecking Crew
Ditambah, ini merupakan salah satu gim Mario yang paling kurang dikenal. Di gim ini player mengendalikan tukang leding yang mencoba menghancurkan sebuah kastil.

Harga: Rp 52 juta (jika masih disegel)

4 dari 5 halaman

Stadium Events

3. Stadium Events [NES]

Didapuk sebagai salah satu gim lawas terlangka untuk konsol NES, gim Stadium Events memiliki sejarah cukup menarik saat muncul di pasaran kolektor.

Di 2013, seorang wanita membeli gim tersebut di toko barang-barang bekas di Karolina Utara dengan harga sekitar Rp 100 ribu dan menjualnya di ajang lelang dengan harga Rp 158 juta.

Stadium Events
Harga : Rp 450 juta (untuk yang masih disegel)

5 dari 5 halaman

Super Mario Bros.

2. Super Mario Bros. [NES]

Anda yang pernah punya konsol Nintendo Entertainment System (NES) pasti punya gim ini. Akan tetapi, walau diproduksi secara masal dengan jumlah banyak, ternyata Nintendo memproduksi sebuah katrid khusus untuk pasar Singapura.

Super Mario Bros.
Tampil dengan aksara Hanzi dan Inggris, Nintendo hanya memproduksi katrid  ini dalam jumlah terbatas saat itu.

Harga: Rp 330 juta

1. Gamma Attack [Atari 2600]

Dirilis pada tahun 1983, Gamma Attack menjadi gim termahal yang pernah ada di dunia. Kenapa gim ini bisa jadi gim paling mahal di dunia? Ternyata, Gammation Product hanya sempat memproduksi satu kopi gim ini di dunia dan gim tersebut ada di tangan kolektor gim ternama Anthony DeNardo.

Gamma Attack
Layaknya monster Lochness dan BigFoot, banyak gamer menganggap Gamma Attack hanyalah mitos semata. Akan tetapi, pada tahun 2008 sebuah kopi gim tersebut muncul di eBay dengan banderol menakjubkan yaitu Rp 6.5 miliar.

Harga: Rp 6.5 miliar

(Ysl/Why)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS