Sukses

Menantang Maut, Dua Orang Jetman Terbang Sejajar dengan Pesawat

Liputan6.com, Jakarta - Maskapai penerbangan Emirates dan Jetman Dubai, belum lama ini menyuguhkan adegan yang memacu adrenalin. Aktor utamanya adalah Yves Rossy dan Vince Reffet, yang dikenal sebagai adrenaline junkies.

Keduanya beratraksi mengenakan jetpack di sebuah video bertajuk #HelloJetman, yang diunggah ke situs berbagi video YouTube pada 4 November kemarin.

Rossy dan Reffet, sebelumnya, juga pernah mengenakan jetpack dalam demonstrasi serupa. Misalnya, pada 2012, Rossy terbang di samping sebuah pesawat B-17 bomber dan pada 2013, ia terbang di atas Gunung Fuji. Dan pada tahun ini, Rossy ditemani Reffet terbang melintasi Dubai.

Untuk bisa merekam video tersebut, pesawat jet A380 terbang di dua pola holding sekitar 1.200 meter di atas gedung pencakar langit Dubai. Kedua pemberani itu dikerahkan dari sebuah helikopter yang melayang-layang setinggi 1.700 m, sedangkan kru film terbang di atas helikopter sekitar 300 meter di atas pesawat jet tersebut. Demikian menurut situs Jetman, seperti dikutip dari Live Science, Minggu (8/11/2015).

Meskipun jetpack tersebut meliputi roket, jetpack lebih seperti sayap pesawat yang dapat dipakai, dengan sayap jet berbasis serat karbon yang didorong oleh empat mesin turbin yang menghasilkan dorongan sekitar 40 kilogram. Kecepatan yang dapat dicapai oleh jetpack adalah 314 kilometer per jam.

Jetpack telah menghiasi halaman cerita fiksi ilmiah (science fiction) selama satu abad. Namun, pilihan wisata futuristik yang melibatkannya akan segera menjadi kenyataan. Beberapa perusahaan telah memamerkan jetpack dalam beberapa tahun terakhir.

Dan pada 2014, seorang jetman berhasil meroket mengitari atrium dari Ronald Reagan International Trade Center di Washington, DC. Perusahaan lainnya, Martin Aircraft Co, mengatakan akan merilis mesin terbang personal di tahun depan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini aksi Rossy dan Reffet.



(why/isk)