Sukses

OnePlus Bantah `Nyontek` Desain iPhone 4

Ditegaskan OnePlus, mereka sama sekali tidak terinspirasi iPhone 4 ketika menciptakan perangkat bontotnya tersebut (Liputan6.com/Jeko)

Liputan6.com, Jakarta - Kemarin, Kamis (29/10/2015), OnePlus secara resmi mengumumkan kehadiran smartphone teranyarnya, OnePlus X. Sebelumnya, rumor kehadiran seri smartphone ketiga vendor asal Tiongkok itu memang sudah berembus kencang.

OnePlus X, sebagaimana diklaim oleh salah satu CEO OnePlus, Pete Lau, menjadi smartphone yang mengusung desain sarat dengan sentuhan seni tinggi, karena hadir dalam dua edisi yang dibalut material kaca Onyx dan kaca keramik.

OnePlus X (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Namun, jauh sebelum OnePlus X diumumkan serempak secara global di Tiongkok, India serta Indonesia, sudah lebih dulu beredar bocoran seperti apa tampilan fisik smartphone yang menyandang gelar “powerfully beautiful” ini. Alih-alih, banyak yang menganggap desain OnePlux X `menjiplak` desain iPhone 4 besutan Apple.

Menanggapi hal ini, Steve Wang selaku Head of New Market OnePlus, membantah bahwa OnePlus sama sekali tidak terinspirasi iPhone 4 ketika menciptakan perangkat bontotnya tersebut.

Steve, begitu akrab disapa, mengatakan, ketika bicara soal seni dan desain, pasti semua orang akan terpatok pada persepsi dan preferensi masing-masing. Ia pun tak menyanggah bahwa dirinya menyukai desain iPhone 4.

 

“iPhone 4 memiliki desain yang unik. Tapi jelas desain itu tidak kami hadirkan di OnePlus X. OnePlus X punya banyak perbedaan jika dibandingkan dengan iPhone 4,” tuturnya ketika ditemui tim Tekno Liputan6.com usai acara OnePlus X Press Conference di Art 1 New Museum, Jakarta.

Ditambahkan Steve, OnePlus X sangat mengusung nilai seni yang begitu tinggi di dalam desainnya. Smartphone ini lebih tipis dan ringan jika dibandingkan iPhone 4. Material yang digunakan pun merupakan material pilihan.

Untuk material kaca Onyx, setiap piringan kaca dipotong sesuai ukuran dan dipoles berulang kali. Selain itu, material kaca keramiknya dibuat dalam proses yang berlangsung selama 25 hari. Proses itu dimulai dengan cetakan zirconia dengan ketebalan 0,5 mm, lalu keramik yang dipanggang hingga suhu 1.480 derajat Celsius selama lebih dari 28 jam. Bahkan kaca keramik ini dibalut lapisan antigores dengan tingkat kekerasan 8.5H pada skala mohs. 

“Setiap piringan keramik OnePlus X mengalami tiga metode penelitian sebelum tahap penggosokan hingga akhirnya sempurna untuk digunakan,” terang Steve.

“Jadi sudah bisa dipastikan bahwa kami sama sekali mengambil iPhone 4 sebagai referensi desain dan pembuatan material OnePlus X. Saya bisa bilang, OnePlus X justru lebih memiliki nilai desain yang lebih premium ketimbang iPhone 4,” tutupnya.

(jek/why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.