Sukses

20 Pekerjaan dengan Bayaran Tertinggi di Google

Google memberi pekerjanya dengan bayaran tinggi. Berikut ini 20 pekerjaan dengan bayaran tertinggi di Google tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta - Google --dan perusahaan induk barunya Alphabet-- "mencintai" para engineer mereka. Karena itu, tidak mengherankan jika pekerjaan sebagai engineer menempati daftar atas pekerjaan dengan bayaran tertinggi di Google.  

Namun, ada banyak pekerjaan lainnya di Google dengan bayaran tinggi dari sekadar pekerjaan yang berkutat dengan pemrograman. Sebab Google ternyata bersedia membayar mahal untuk para kandidat terbaik, terlepas dari bidang pekerjaannya.  

Berikut ini, 20 pekerjaan dengan bayaran tertinggi di Google tahun ini, menurut data gaji tahunan dari Glassdoor, seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (3/9/2015).

Sebelumnya, perlu diingat bahwa data dari Glassdoor ini merupakan rata-rata berdasarkan laporan yang secara sukarela diberikan oleh para karyawan saat ini dan para karyawan baru Google. Perlu dicatat pula, semua angka ini mengacu pada bayaran pokok dan tidak termasuk bonus. Di samping itu, bayaran ini juga bervariasi berdasarkan pengalaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Staf Hardware Engineer

20. Staf Hardware Engineer

Ketika Google bergerak untuk membuat lebih banyak produk seperti OnHub router, smartphone dan tablet Nexus, serta produk hardware lainnya, maka diperlukan bayaran yang kompetitif agar bisa menghasilkan produk berkualitas terbaik. Untuk tanggung jawab tersebut, Google menggelontorkan bayaran sebesar US$ 183.948 bagi para staf Hardware Engineer.

19. Manajer Program teknis IV

Manajer program teknis IV bertugas mengantarkan proyek melalui seluruh siklus proyek yang bersangkutan, yang mencakup jadwal pengelolaan proyek, identifikasi risiko yang ada di dalamnya, dan komunikasi tujuan proyek kepada para pemangku kepentingan. Para manajer program teknis ini dibayar US$ 188.229.

18. Penasihat Perusahaan

Penasihat perusahaan merupakan para pengacara yang biasanya memberi nasihat kepada perusahaan dalam persoalan hukum (legal matters) di dalam dan di luar ruang sidang. Para penasihat perusahaan ini mendapat bayaran sebesar US$ 189.262.

17. Manajer Strategi Penjualan Senior

Dengan berfokus pada iklan Google, maka penting bagi Google untuk memiliki ahli yang bertugas mencari tahu cara terbaik untuk menjual sesuatu ke konsumen. Di sinilah seorang manajer strategi penjualan senior bekerja. Untuk pekerjaannya, seorang manajer strategi penjualan senior mengantongi bayaran sebesar US$ 190.727.

16. Manajer Komunikasi

Ketika Anda sebesar Google saat ini, maka sangat penting untuk memastikan misi dan pernyataan perusahaan yang jelas dan dinyatakan sebaik mungkin. Itu sebabnya posisi manajer komunikasi ada di antara peluang Google dengan kompensasi paling baik. Lantas, berapa bayaran yang diterima seorang manajer komunikasi? Jawabannya, sebesar US$ 190.846.

3 dari 5 halaman

Manajer Engineering II

15. Manajer Engineering II

Sering kali para engineer menciptakan lembaga yang menyokong produk Google yang paling penting. Seorang manajer engineering akan bertanggung jawab dalam hal supervisi tim engineer untuk mengembangkan, menguji dan menciptakan produk baru. Untuk posisi ini, Google mengeluarkan dana sebesar US$ 191.552.

14. Staf Perancang User Experience

Merancang user experience di belakang sebuah produk adalah salah satu pekerjaan terpenting di perusahaan mana pun, termasuk Google yang bersedia membayar mahal para perancang hebat. Perancang user experience ditugaskan khususnya untuk memastikan produk Google terlihat bagus dan mudah digunakan. Posisi ini diganjar dengan bayaran sebesar US$ 191.881.

13. Manajer Penjualan Senior

Iklan masih merupakan hal sangat mendasar dan penting di Google. Karena itu, Google rela merogoh kocek sebesar US$ 193.680 untuk mempekerjakan para manajer penjualan senior di perusahaannya.

12. Manajer Operasional dan Penjualan Online Senior

Dengan bayaran sebesar US$ 192,915, seorang manajer operasional dan penjualan online senior menjalankan peran yang meliputi pengawasan strategi penjualan online dan pertumbuhan pendapatan. Di samping itu, di perusahaan seperti Google, di mana semua layanannya berbasis online, peran ini dipastikan sangat penting.

11. Site Reliability Engineer

Seorang staf di posisi ini merupakan troubleshooter atau pemecah masalah. Ketika mempekerjakan seseorang untuk posisi ini, Google setidaknya akan mencari tahu dua hal; 1. apakah orang itu dapat memecahkan masalah; 2. apakah kemampuan desain web orang itu memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Untuk posisi ini, Google mengeluarkan uang sebesar US$ 193.423.

4 dari 5 halaman

Manajer Produk Senior

10. Manajer Produk Senior

Para manajer produk senior adalah aset berharga bagi Google. Karena itu, wajar jika Google membayar mereka sebesar US$ 197.252. Mereka membantu baik untuk memimpin tim engineering menuju tujuan umum, maupun secara luas tersebar di kantor-kantor Google.

9. Staf Software Engineer

Para engineer di Google harus pandai memecahkan permasalahan kompleks. Maka, tidak mengherankan jika perusahaan ini dikenal suka menantang para pelamarnya dengan permainan asah otak yang memusingkan. Tapi, berdasarkan data Glassdoor, tampaknya Google memberi mereka kompensasi yang sepadan. Masih menurut Glassdoor, bayaran untuk posisi ini 60% lebih tinggi dari rata-rata nasional sebesar US$ 201.565.

8. Lead Software Engineer

Seorang lead software engineer umumnya bertanggung jawab untuk arsitektur atau perancangan yang mendasari program yang diberikan. Karena kata "lead" menunjukkan peran senior, seorang lead software engineer juga kemungkinan bertanggung jawab untuk mengelola anggota lain dari tim.

7. Staf Senior Software Engineer

Dengan bayaran sebesar US$ 210.462, posisi ini salah satu yang mendapat bayaran tertinggi Google. Orang-orang di posisi ini diharapkan menangani peranan teknis, di departemen mana mereka bekerja, entah itu YouTube, AdWords, atau divisi lain dari perusahaan.

6. Manajer Software Engineering Senior

Seorang manajer software engineering senior merupakan posisi profesional dengan kualifikasi tinggi, yang berpengalaman dalam pemrograman. Orang di posisi ini bertanggung jawab terhadap tim coders terkemuka di bawahnya dan dibayar sebesar US$ 235.772.

5 dari 5 halaman

Manajer Produk

5. Manajer Produk

Manajer produk merupakan titik temu untuk setiap proyek Google. Mereka berinteraksi dengan bagian penjualan, software engineer, manajer pemasaran, dan hampir setiap bagian lain dari suatu proyek. Beberapa produk terbaik Google tidak bisa diluncurkan tanpa manajer produk yang baik. Bayaran untuk posisi manajer produk adalah US$ 243,299.

4. Business Operations Principal

Selanjutnya, pekerjaan dengan bayaran tertinggi di Google adalah business operations principal. Dengan bayaran sebesar US$ 252.423, seorang business operations principal mengelola proyek yang ditugaskan oleh tim eksekutif Google.

Peran ini, menurut sebuah daftar pekerjaan Google, akan bekerja dengan pimpinan senior perusahaan untuk mengembangkan dan meluncurkan inisiatif operasional. Bagi Anda yang menginginkan posisi ini, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda mempunyai 6 tahun pengalaman sebagai syarat utama melamar posisi ini.

3. Direktur Pemasaran

Dengan bayaran senilai US$ 268.936, seorang direktur pemasaran di Google bertanggung jawab untuk memastikan masyarakat mengetahui segala sesuatu, yang ditawarkan raksasa teknologi ini. Hal ini dapat mencakup banyak hal, mulai dari menulis blog, sampai menyetujui iklan televisi.

2. Direktur Engineering

Bayaran sebesar US$ 272.370 tampaknya sepadan bagi seorang direktur engineering. Seperti namanya, seorang direktur engineering mengawasi semua aspek engineering dalam perusahaan. Jenis pekerjaan ini, menurut situs pengembangan karir Monster, membutuhkan sampai 10 tahun pengalaman.

1. Direktur Keuangan

Posisi puncak dari 20 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Google ditempati oleh posisi direktur keuangan. Dengan gaji senilai US$ 339.825, seorang direktur keuangan biasanya mengelola semua tugas keuangan untuk sebuah perusahaan, yang mencakup mengurus laporan keuangan dan memastikan semua departemen mematuhi kebijakan keuangan perusahaan.

(why/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.