Sukses

Menyusuri Sejarah Haier di Negeri Tirai Bambu

Sebagai perusahaan elektronik yang berdiri sejak puluhan tahun lalu, Haier memiliki serangkaian sejarah yang menarik untuk didengar.

Liputan6.com, Qingdao - Sebagai perusahaan elektronik yang berdiri sejak puluhan tahun lalu, Haier memiliki serangkaian sejarah yang menarik untuk didengar. Semua kejadian penting selama Haier berdiri disimpan dengan rapi di Haier Museum, Qingdao, Tiongkok, termasuk 'palu' bersejarah yang mengubah bisnis dan kian melambungkan nama Haier.

Pernahkah Anda mendengar kisah 'palu godam Zhang'? Ada yang bilang kisah sukses Haier tidak mungkin terjadi tanpa adanya gebrakan radikal dari sang Chairman, Zhang Ruimin dengan 'Palu Godam-nya'. Palu godam adalah palu berukuran besar.

Peristiwa bersejarah itu terjadi 30 tahun lalu atau tepatnya pada 1985, saat seorang konsumen mengeluhkan kulkas Haier yang dibelinya. Zhang langsung bereaksi dengan memeriksa 76 kulkas.

Palu godam Zhang di Haier Museum, Qingdao, Tiongkok (Andina Librianty/ Liputan6.com)

Ia pun mengambil langkah yang mengejutkan dunia dengan menghancurkan puluhan kulkas tersebut dengan palu. Hasilnya, kulkas Haier menjadi lebih baik berkat pengawasan kualitas yang ketat.

Salah satu palu yang digunakan untuk menghancurkan 76 kulkas tersebut diabadikan dalam sebuah bingkai di museum Haier, berdampingan dengan berbagai benda terkait kisah tersebut. Bagaikan sebuah cerita, palu ini adalah salah satu bagian dari rangkaian sejarah Haier.

Selanjutnya>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

NEXT

Dalam museum yang sama juga tertuang berbagai kisah penting Haier, termasuk saat menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Jerman, Liebherr.

Penasaran dengan isi museum Haier? Berikut ini adalah foto-foto yang kami abadikan saat berkunjung ke museum bersejarah tersebut. 

Sejarah berdirinya pabrik Haier dari tahun ke tahun (Andina Librianty/ Liputan6.com)

Haier menjalin kerjasama dengan perusahaan asal Jerman, Liebherr (Andina Librianty/ Liputan6.com)

Ekspansi produk lemari es Haier di pertengahan 1980an

Peristiwa bersejarah dimana seorang konsumen mengeluhkan kulkas Haier (Andina Librianty/ Liputan6.com)

Chairman Zhang Ruimin menghancurkan 76 kulkas Haier dengan palu (Andina Librianty/ Liputan6.com)

(din/isk) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.