Sukses

Google Sediakan Aplikasi Perlindungan Phishing Untuk Gmail

Liputan6.com, Jakarta - Kejahatan internet sudah semakin beragam, salah satunya ialah phishing. Para pelaku kriminal online seringkali melakukan phishing dengan mengelabui pengguna internet, menyamar sebagai halaman tertentu untuk mencuri data username dan password ketika login.

Google meluncurkan sebuah aplikasi tambahan yang berfungsi melindungi akun penggunanya dari tindakan phishing yang memanfaatkan layanannya. Aplikasi tambahan 'Password Alert' diharapkan akan membuat pengguna Gmail lebih aman.

Seperti dipaparkan dalam laman Webstore Chrome, Google menyebutkan aplikasi ini bakalan memberi pop-up peringatan saat penggunanya memasukkan password bukan ke halaman accounts.google.com.

Sewaktu diketahui penggunanya telah memasukkan password ke laman lain, hasil phishing penggunanya akan mendapat peringatan untuk melakukan reset password. Aplikasi ini juga akan memberi peringatan sebelum pengguna memasukkan password saat berada di halaman phishing.

"Password mencoba mendeteksi halaman Google sign-in palsu untuk memperingatkan Anda sedang berada di halaman yang salah sebelum memasukkan password. Untuk melakukannya, Password Alert memeriksa HTML dari setiap halaman yang Anda kunjungi, apakah itu meniru halaman sign-in Google," tulis Google di aplikasinya itu.

Password Alert hanya bekerja untuk password di akun Gmail, tapi tetap jadi aplikasi yang cukup luar biasa karena Google tengah berupaya melindungi data pribadi penggunanya. Ingin menginstal aplikasi ini? Pastikan mengambilnya dari halaman yang benar di sini.

(den/isk)