Sukses

Wow, Candy Crush Raup Keuntungan Rp 12,66 Triliun

Candy Crush meraup untung yang cukup mengagumkan sepanjang tahun 2014 yakni mencapai US$ 1,33 miliar atau setara Rp 12,66 triliun bagi King

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal Candy Crush? Permainan yang cukup populer di kalangan pengguna smartphone itu dikabarkan menorehkan prestasi yang mengagumkan di akhir tahun 2014 bagi perusahaan pembuatnya.

Game yang disediakan secara gratis di toko aplikasi tersebut dikabarkan berhasil mendapatkan keuntungan yang cukup mengagumkan sepanjang tahun 2014 yakni mencapai US$ 1,33 miliar atau setara Rp 12,66 triliun bagi King sebagai perusahaan pembuatnya.

Dikutip dari laman Phone Arena, Senin (16/2/2015), keuntungan yang dihasilkan game itu dilaporkan berasal dari semua pembelian di dalam aplikasi. King memang membuat permainannya itu dalam kategori in-app-purchase.

Secara angka, jumlah itu memang terlihat sangat besar. Namun, dari catatan keuangan yang dimiliki King, pendapatan dari Candy Crush sepanjang tahun 2014 itu disebutkan mengalami penurunan dari tahun sebelumnya.

King dikabarkan berhasil mengantongi keuntungan paling besar pada kuartal ketiga tahun 2013. Dalam tiga bulan, perusahaan pembuat konten game itu berhasil mengantongi total keuntungan mencapai US$ 551 juta.

Saat ini diketahui bahwa sebanyak 97,7% pengguna Candy Crush memainkan game itu secara gratis. Berarti hanya ada sekitar 2,3% dari keseluruhan pengguna yang memberikan kontribusi untuk berbagai kebutuhan operasi game tersebut.

Penurunan pendapatan yang dialami Candy Crush serupa dengan game besutan lainnya yaitu Zynga, Draw Something. Permainan itu disebutkan terus mengalami penurunan keuntungan bagi perusahaan di tiap kuartalnya.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini