Sukses

Tips Menghemat Baterai di Perangkat iOS 8.1

Berikut ini beberapa trik supaya perangkat mobile yang memakai sistem operasi iOS 8.1 supaya lebih efektif dan tidak boros baterai.

Liputan6.com, Jakarta - Update sistem operasi biasanya disertai dengan berbagai fitur tambahan yang menarik dan cukup fungsional. Misalnya saja sistem operasi iOS 8.1 yang dilengkapi aneka fitur baru dan juga animasi menarik yang memanjakan mata.

Akan tetapi, berbagai fitur baru itu ternyata akan mempengaruhi kinerja handset, khususnya di bagian baterai. Beberapa pengguna mengeluhkan penggunaan baterai yang kian boros di platform mobil terbaru Apple itu ketika dibandingkan iOS 7.

Berikut ini beberapa trik supaya perangkat mobile yang memakai sistem operasi iOS 8.1 dan yang terbaru agar penggunaan dayanya lebih efektif dan tidak boros baterai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Hindari Aplikasi Boros Daya

1. Hindari Aplikasi Boros Daya

Kadangkala aplikasi yang diinstal di ponsel tanpa disadari sangat rakus daya baterai. Agar daya handset tidak terbuang percuma, maka sebaiknya atur aplikasi yang boros dengan masuk ke menu Settings > General > Usage > Battery Usage. Di sana akan terdapat info detil penggunaan baterai berdasarkan aplikasi serta jangka waktu.

Kalau ada persentase mencurigakan, seperti menyerap daya terlalu tinggi, padahal aplikasi itu jarang dipakai maka aplikasi bersangkutan patut dicurigai karena mungkin aktif nongkrong di multitask atau memiliki notifikasi berlebihan dan sebagainya.

3 dari 5 halaman

Atur Pemakaian Fitur Location

2. Efektifkan Pemakaian Fitur Location

Sudah semakin banyak aplikasi yang berjalan di perangkat iOS yang diberikan dukungan fitur Location atau menyimpan lokasi untuk sebuah foto, check in dan lainnya. Kalau memang tidak terlalu dipakai atau tidak penting, sebaiknya pilih opsi 'While using' supaya fitur tersebut hanya aktif saat aplikasi digunakan.

Cara mengaturnya pilih menu Settings > Privacy > Location Services. Coba cari beberapa aplikasi yang menggunakan fitur penanda lokasi namun dapat dinonaktifkan karena tidak begitu penting. Misalnya saja aplikasi Camera360 atau Facebook, tekan ikon aplikasi tersebut lalu pada bagian allow location access pilih 'never'.

4 dari 5 halaman

Matikan Fitur Auto Downloads

3. Matikan Fitur Auto Downloads

Fitur Auto Downloads untuk membuat perangkat akan secara otomatis mengunduh pembaruan dari aplikasi, musik atau konten lainnya dari iTunes Store atau App Store. Karena fitur ini otomatis, maka setiap mendapat koneksi internet fitur ini bakalan berjalan mencari pembaruan di aplikasi atau sistem operasi.

Sayangnya, kadangkala fitur ini berjalan di saat tak  tepat seperti ketika kuota paket data sedang kritis ataupun ketika baterai sedang sekarat. Nah agar tak sia-sia maka nonaktifkan fitur ini dengan cara mengakses menu Settings > iTunes & App Store lalu scroll ke bagian Automatic Download kemudian matikan pengaturan aplikasi yang tidak terlalu dibutuhkan.

5 dari 5 halaman

Atur Penggunaan Data

4. Efektifkan Penggunaan Paket Data dan WiFi

Koneksi WiFi biasanya sudah tersedia di ruang publik, kafe dan berbagai lokasi karena kebutuhannya semakin tinggi. Nah, supaya daya baterai iPhone atau iPad lebih awet maka efektifkan penggunaan fitur layanan data dan WiFi pada handset.

Sewaktu memakai Wi-Fi, jangan lupa matikan paket data ponsel dengan cara buka aplikasi Settings > Cellular > Cellular Data > Off. Satu lagi, jangan lupa mematikan pengaturan Personal Hotspot apabila sedang tidak digunakan.

(den/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini