Sukses

Telkomsel Optimis Pengguna Smartphone Tembus 36 Juta

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel memanfaatkan 'masa panen' akhir tahun untuk mendongkrak jumlah pelanggan pengguna smartphone. Perusahaan optimis jumlah pelanggan pengguna smartphone bisa tumbuh 600 ribu, menjadi 36 juta sampai akhir 2014.

Saat ini Telkomsel memiliki 63,5 juta pelanggan data atau lebih dari 46 persen dari total pelanggan yang mencapai 139,3 juta. Anak usaha Telkom ini memiliki 35,4 juta pelanggan pengguna smartphone, yang merepresentasikan 25 persen dari total pelanggan.

Berkaca pada pengguna smartphone yang masih di bawah 50 persen dari total pelanggan, membuat perusahaan optimis peluang pertumbuhan masih sangat besar.

"Akhir tahun itu biasanya masa panen, karena Hari Natal dan menjelang Tahun Baru. Harapan kami, bulan ini pertumbuhan pengguna smartphone bisa menjadi 36 juta," tutur VP Prepaid and Broadband Marketing Telkomsel, Ririn Widaryani, dalam acara Telkomsel Android United, Selasa (2/12/2014).

Optimisme ini, kata Ririn, berbekal pertumbuhan pengguna smartphone Telkomsel yang mencapai 70 persen Year on Year (YoY). Dari total itu, 80 persen di antaranya berasal dari sistem operasi (OS) Android.

Android juga akan berperan dalam pertumbuhan pengguna smartphone Telkomsel pada bulan ini. Terutama karena perusahaan baru saja meresmikan kerjasama dengan 17 vendor smartphone Android melalui Telkomsel Android United (TAU), sebuah program bundling paket data.

Ririn berharap TAU dapat mengajak pengguna feature phone untuk beralih ke smartphone.

"Dari 36 juta pengguna smartphone yang menjadi target Telkomsel pada tahun ini, diperkirakan 55 persennya dari Android," sambungnya. Sedangkan saat ini, Android sudah menguasai 50 persen pelanggan smartphone Telkomsel.

Ririn mengungkapkan bahwa Android mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan di dalam jaringan Telkomsel, yaitu sebesar 300 persen YoY. Namun menurutnya, pertumbuhan Android kemungkinan akan sedikit melambat pada tahun depan, mengingat saat ini perkembangannya sudah sangat cepat.

Di sisi lain, pengguna BlackBerry Telkomsel ternyata tidak mengalami penurunan selama tahun ini. Pengguna iPhone dan Windows Phone tidak terlalu besar di Telkomsel.

"Blackberry sekira 40 persen dari total smartphone di Telkomsel. Angka ini flat, tidak turun," jelasnya. (din/isk)