Sukses

Napak Tilas Kejayaan Nokia (Bagian I)

Nokia yang dahulu mengusai pasar ponsel selama lebih dari satu dekade, kini tak mampu bersaing di era smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Sepak terjang Nokia di bisnis ponsel habis sudah. Mantan raja ponsel yang sempat mengusai pasar di era 90-an hingga 2000-an ini kini tak lagi bergelut di industri perangkat mobile. Divisi bisnis perangkat dan layanan Nokia telah resmi menjadi milik Microsoft di awal tahun 2014 kemarin. 

Di bawah arahan Microsoft, merek dagang Nokia telah benar-benar dihapuskan. Perusahaan raksasa dunia teknologi itu memilih untuk menggunakan nama Microsoft Mobile untuk jajaran ponsel dan tablet yang nantinya akan mereka rilis.

Ironis memang. Nokia yang dahulu mengusai pasar ponsel selama lebih dari satu dekade, kini tak mampu bersaing di era smartphone. Sempat mengadu nasib di pasar smartphone dengan seri Lumia berbasis Windows Phone, produk Nokia kalah populer dibanding Apple iPhone atau pun jajaran perangkat berbasis Android.

Sedikit menengok ke belakang, tak ada salahnya bila kita melihat kembali jajaran ponsel andalan Nokia yang dahulu sempat digilai pasar. Laman Mashable mencatat ada 9 ponsel jadul (jaman dulu) Nokia yang masuk ke dalam kategori ikonik. Berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Nokia Mobira Senator

1. Nokia Mobira Senator

Di tahun 1982, Nokia merilis ponsel mobil pertama di dunia yang disebut 'Nokia Mobira Senator'. Ponsel ini digunakan dengan radio analog standar Nordic Mobile Telephone, beratnya mencapai 22 kilogram per unit.

3 dari 5 halaman

Nokia Mobira Cityman

2. Nokia Mobira Cityman

Ini adalah produk penyempurnaan dari Mobira Senator. Mobira Cityman tercatat sebagai ponsel portabel pertama dari Nokia. Namun sayang, kala itu harga Mobira Cityman sangat tinggi, yakni mencapai US$ 5.456. Ponsel ini juga sempat populer dengan julukan 'Gorba'. Sebab, Presiden Uni Soviet saat itu, Michail Gorbachev diketahui juga menggunakan ponsel ini.

4 dari 5 halaman

Nokia 1011

3. Nokia 1011

Ponsel ini dirilis pada tahun 1992. Nokia 1011 menjadi ponsel berbasis GSM pertama dari Nokia. Desainnya juga sudah lebih ramping dan ringan. Baterai ponsel ini mampu bertahan untuk penggunaan selama 90 menit waktu bicara, dan sudah mampu menyimpan 99 kontak telepon.

5 dari 5 halaman

Nokia 2110

4. Nokia 2110

Nokia 2110 hadir pada 1994. Di sektor software, kala itu ponsel ini mendapatkan banyak pujian dan dinilai sebagai cikal bakal ponsel di era modern. Di dalamnya sudah tersedia fitur buku kontak, opsi nada dering, dan yang paling menarik, game Snake legendaris khas Nokia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.