Sukses

Keuntungan Samsung Merosot Drastis 50%

Liputan6.com, Jakarta - Samsung pada awal bulan ini memprediksi bahwa laba kuartal ketiga perusahaan pada tahun ini akan mengalami penurunan hingga 45% dari tahun lalu. Ternyata, dugaan itu menjadi kenyataan.

Perusahaan pembuat perangkat elektronik asal Korea Selatan tersebut mengungkap laporan keuangan kuartal ketiganya tahun ini. Dalam laporan itu disebutkan bahwa laba operasional yang berhasil dikantongi Samsung menurun lebih dari 50% dibanding tahun lalu.

Mengutip Phone Arena, raja pasar ponsel itu memperkirakan laba usahanya akan turun dari sekitar 57,8% menjadi 61,8%. Angka itu setara dengan US$ 3,6 miliar hingga US$ 4 miliar.

Di lain sisi, para analis memperkirakan Samsung akan mengantongi keuntungan bersih US$ 4,04 miliar pada kuartal tiga 2014. Pada tahun lalu, perusahaan dari Negeri Ginseng itu sukses meraup keuntungan US$ 9,6 miliar pada periode kuartal yang sama.

Lebih dari 60% keuntungan Samsung didapatkan dari penjualan ponsel. Perusahaan itu mengaku penjualan produk smartphone miliknya tetap naik di kuartal tiga kemarin, akan tetapi kombinasi dari harga jual rata-rata yang lebih rendah dan biaya pemasaran yang tinggi terpaksa memangkas margin operasional Samsung.

Pada laporan yang sama, Samsung juga mengeluarkan prediksi perusahaan penjualan Galaxy S5 pada kuartal ini akan lebih rendah dari yang diharapkan. Sedangkan penjualan Galaxy Note 4 baru saja dimulai di beberapa negara, jadi Samsung belum bisa memberikan prediksinya. 

Mobil Angkut Tabung Gas Meledak, Sopir Tewas
Loading