Sukses

5 Barang Aneh yang Terjual dengan Harga Selangit di eBay

Banyak barang-barang aneh lainnya yang sempat dijual di eBay dan menarik perhatian para kolektor berkantong tebal.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir bulan Agustus kemarin, jagad dunia maya dikagetkan dengan berita terjualnya komik perdana Superman seharga US$ 3,2 juta atau setara dengan Rp 37 miliar di situs jual beli online, eBay.

Ternyata komik edisi perdana Superman itu bukanlah satu-satunya barang langka atau aneh yang pernah terjual dengan harga selangit di eBay. Tercatat masih banyak barang-barang aneh lainnya yang sempat dijual di eBay dan menarik perhatian para kolektor berkantong tebal.

Berikut adalah beberapa di antaranya seperti yang dilansir laman Business Insider:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Nintendo World Championships

1. Nintendo World Championships

Di bulan Januari lalu, sebuah kaset game lawas Nintendo World Championship berhasil terjual seharga US$ 99.902 atau sekitar lebih dari Rp 1 miliar.

Kaset video game Nintendo World Championship ini diketahui pertama kali muncul di tahun 1990. Awalnya game ini ditawarkan di eBay dengan harga awal US$ 5.500.

3 dari 6 halaman

Papan nama Hollywood

2. Papan nama Hollywood

Siapa yang tidak tahu huruf-huruf raksasa yang berjajar membentuk tulisan Hollywood di Los Angeles, California. Ya, papan nama besar Hollywood itu pada awalnya adalah milik pengembang properti Hollywood Chamber of Commerce. Lalu dibeli oleh seorang pemilik klub malam bernama Henk Berger seharga US$ 10.000.

Berger kemudian menjualnya lagi kepada sorang kolektor kaya raya bernama Dan Bliss di tahun 2004 dengan harga yang dirahasiakan. Dan pada 2005 lalu, Bliss melelangnya di eBay dengan harga penawaran awal US$ 300.000. Seorang seniman asal Minnesota bernama Billy Mack pun membelinya dengan harga mencapai US$ 450.000 atau sekitar Rp 5 miliar lebih.

4 dari 6 halaman

Kartu rokok Honus Wagner

3. Kartu rokok Honus Wagner

Ini adalah jenis kartu yang sangat-sangat langka. Kartu ini dirilis pada tahun 1909 bersama dengan bungkus rokok Honus Wagner. Di tahun 2000, seseorang melelangnya di eBay dan terjual seharga US$ 1,1 juta atau mencapai Rp 12 miliar lebih.

5 dari 6 halaman

'Surat Tuhan' milik Albert Einstein

4. 'Surat Tuhan' milik Albert Einstein

Di tahun 2012 sebuah surat tulisan tangan asli dari sang jenius Albert Einstein dijual di eBay. Surat yang ditulis tepat sebelum kematian Einstein itu berisikan pandangannya terhadap agama dan hal-hal ketuhanan lainnya. Surat itu terjual kepada seseorang tak dikenal dengan harga US$ 3 juta atau sekitar Rp 35 miliaran. 

6 dari 6 halaman

Komik edisi perdana Superman

5. Komik edisi perdana Superman

Tim penjualan eBay melelang komik edisi perdana Superman yang pertama kali terbit di tahun 1938 silam. Hasilnya pun sangat mengejutkan, komik terbitan DC Comics itu dilaporkan terjual dengan banderol selangit, mencapai US$ 3,2 juta atau setara dengan Rp 37 miliar lebih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.