Sukses

Digempur Animasi Luar Negeri, `Kuku Rock You` Mampu Bersinar

Ditengah gempuran film-film animasi luar negeri, Kuku Rock You mampu mengukir prestasi.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian dari Anda mungkin pernah melihat film animasi Kuku Rock You di televisi atau situs YouTube. Tapi tahukah Anda, film animasi tiga dimensi ini ternyata dibuat oleh arek (anak) Malang.

Dia adalah Achmad Rofiq, seorang animator yang kini menjabat sebagai Managing Director di DGM Animation Studio. Di tengah gempuran film-film animasi luar negeri, Kuku Rock You mampu mengukir prestasi. Kualitas film buatannya tak kalah keren dibanding luar negeri seperti Shaun The Sheep dan Ipin Upin.

"Film ini menang di kompetisi Asiagraph tahun 2008 di Jepang yang notabene negara pusatnya animasi, dan pernah tayang di stasiun televisi swasta mengungguli Shaun The Sheep, namun sayangnya dihentikan," cerita Rofiq dalam diskusi santai saat berkunjung ke markas Liputan6.com.

Kuku Rock You adalah sebuah film animasi serial yang menceritakan seekor ayam kampung dari Indonesia bersama beberapa temannya yang terobsesi menjadi penyanyi rock.  

Segerombolan ayam-ayam kampung ini tidak hanya ingin jago di kadang, mereka punya impian go international. Tapi perjalanan ayam ini tak mulus begitu saja. Perjuangan mereka diganggu oleh kucing.

Nama Kuku Rock You sendiri sebenarnya terinspirasi dari suara kokok ayam yaitu kukuruyuk, namun diganti karena film ini dirancang untuk internasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Meski sempat dihentikan, Rofiq menambahkan film Kuku Rock You akan segera kembali tayang di televisi usai lebaran. "Mulai Agustus film ini akan tayang selama 13 episode," papar pria berusia 33 tahun ini.

Rofiq menambahkan, butuh waktu sekitar satu (1) bulan untuk membuat 1 episode film animasi Kuku Rock You yang berdurasi 30 menit, dengan dukungan orang berjumlah 25 orang.

Sederet prestasi lain juga pernah diraih Rofiq, antara lain Piala Citra FFI "Sang Suporter" tahun 2013, Best Movie Animation "Sang Suporter" Hellofest 9 Jakarta tahun 2013, Winner of Young Enterpreneur Award Mandiri Bank tahun 2010, hingga Best Animation FFI (Festival Film Indonesia) Bandung tahun 2008.

Bagi yang penasaran, film animasi Kuku Rock You akan tayang di Indosiar setiap hari Minggu, pukul 9 pagi. Trailernya dapat dilihat di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.