Sukses

Motorola ROKR E1, Ponsel iTunes Pertama di Dunia

Ponsel Motorola seri ROKR E1, ternyata adalah handset pertama yang dilengkapi dengan iTunes. Bukan iPhone!

Liputan6.com, iPhone memiliki banyak fitur dan layanan pendukung yang dikembangkan sendiri oleh Apple, salah satunya adalah iTunes. Namun ada kisah menarik mengenai pertama kali kemunculan music player itu di pasar ponsel.

Jika Anda berpikir bahwa iPhone adalah ponsel pertama yang dilengkapi iTunes, maka segera hapus pendapat itu. Meski iPhone yang diluncurkan pada 2007 adalah smartphone pertama Apple, ternyata bukan handset pertama di dunia yang hadir dengan iTunes.

Dikutip dari Phone Arena, Selasa (10/6/2014), ponsel Motorola ROKR E1 adalah handset pertama yang dilengkapi dengan iTunes. Mungkin tak semua orang tahu yaitu hampir tiga tahun (2004) sebelum iPhone meluncur, Apple mengumumkan sebuah kesepakatan membawa music player iTunes untuk ponsel terbaru Motorola.

Kemudian lahirlah ROKR E1 pada September 2005. CEO Apple kala itu, Steve Jobs, dengan bangga mengumumkan ponsel tersebut sebagai 'ponsel iTunes'. Jobs dalam presentasinya mengatakan bahwa Motorola ROKR E1 adalah ponsel yang keren, menyuguhkan 'iPod shuffle di dalam ponsel', dan memiliki stereo speaker yang cukup bagus.

Selain iTunes, E1 juga dilengkapi layar TFT berwarna berukuran 1,9 inci dengan resolusi 176 x 220 piksel, kamera VGA, dan dukungan kartu microSD. Motorola ROKR E1 yang dilengkapi iTunes dijual secara eksklusif oleh Cingular (kini AT&T) seharga US$ 249 dengan dua tahun kontrak.

Namun sayangnya, ponsel tersebut dilaporkan tidak begitu sukses. Hingga akhirnya, Apple dan Motorola mengakhiri kerjasama sebelum iPhone pertama diumumkan pada Januari 2007.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.