Sukses

Microsoft Fokus di Segmen PC Gaming

Raksasa software itu akan mengumumkan rencana kerjasama dengan Valve perihal konsol Steam Machine.

Liputan6.com, Di awal tahun 2014 ini Microsoft baru saja melakukan bongkar pasang jajaran pimpinan perusahaan. Satya Nadella yang sebelumnya berperan sebagai pimpinan divisi Cloud kini bertengger di puncak kekuasaan sebagai CEO, menggantikan Steve Ballmer yang pensiun.

Sementara Stephen Elop, mantan CEO Nokia yang kini telah menjadi bagian dari Microsoft dipercaya untuk mengisis posisi Head of Devices and Studios menggantikan Julie Larson-Green.

Dengan muncul dua sosok tersebut, banyak pihak yang memprediksi jika nantinya Microsoft akan perlahan mundur dari industri game. Namun kekhawatiran itu langsung dibantah oleh Phil Spencer, salah satu petinggi di Microsoft Studios. Spencer menegaskan bahwa perusahaannya sangat yakin dengan masa depan brand Xbox. Ia pun meyakini baik Nadella maupun Elop memiliki komitmen untuk mempertahankan konsol Xbox.

Bahkan terkini di gelaran Game Developers Conference yang baru saja berakhir beberapa waktu lalu di San Francisco, ia mengatakan bahwa perusahaan akan meningkatkan fokus pada segmen PC gaming.

Menurut laporan Polygon, mengungkap bahwa raksasa software itu akan mengumumkan rencana kerjasama dengan Valve perihal konsol Steam Machine. Meski Spencer tidak menjelaskan secara mendetail, akan tetapi ia mengatakan, "sebuah fokus baru pada Windows dan PC gaming dalam Microsoft pasti terjadi."

Steam Machine sendiri adalah konsol game besutan Valve yang saat ini tengah memasuki proses uji coba dan rencannya akan melenggang ke pasaran tahun 2014 ini.

Menurut yang selama ini diberitakan, Steam Machine bakal dibekali spesifikasi mumpuni dan segudang fitur unggulan. Di sektor hardware terdapat berbagai komponen seperti prosesor, hardisk serta kartu grafis khusus game yang dikenal memiliki kinerja mumpuni. Akan tetapi, Steam Machine menjadi berbeda dengan platform PC karena berjalan di atas sistem operasi Steam OS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.