Sukses

Daftar Calon Pilkada Perseorangan, Asrilia Kurniati-Satria Tegaskan Ingin Bangun Ekonomi Surabaya

Bakal Calon Wali Kota Surabaya Asrilia Kurniati menyatakan sudah mempersiapkan visi-misi yang poin utamanya adalah membangun perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Liputan6.com, Surabaya - Asrilia Kurniati-Satria Wicaksono resmi mendaftarkan diri ke KPU Surabaya sebagai pasangan calon perseorangan pada Pilkada Pilkada 2024, Minggu malam 12 Mei 2024.

Ketua KPU Kota Surabaya Nur Syamsi mengatakan pendaftaran jalur perseorangan untuk pilkada setempat dilaksanakan mulai 8 Mei hingga 12 Mei 2024.

"Sekarang sudah ada pendaftar Asrilia Kurniati dan Satria Wicaksono yang sudah menyerahkan dokumen hasil dukungan," kata Syamsi.

Hingga pukul 21.00 WIB, baru pasangan Asrilia-Satria yang menyerahkan berkas pendaftaran yang salah satunya syarat jumlah dukungan ke kantor KPU Surabaya.

Setelah menerima berkas dukungan tersebut, selanjutnya KPU Surabaya melakukan verifikasi untuk mengetahui kesesuaian dengan jumlah yang dipersyaratkan di Pilkada Surabaya 2024.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota Menjadi Undang-Undang.

Melalui undang-undang itu dijelaskan bahwa bakal calon wali kota dan wakil kota jalur perseorangan di daerah dengan total satu juta lebih daftar pemilih tetap (DPT), dipersyaratkan mengantongi jumlah dukungan paling sedikit 6,5 persen.

Jumlah DPT di Kota Surabaya pada Pemilu 2024 sebesar 2.218.585 jiwa. Melihat angka tersebut, artinya pendaftar jalur perseorangan untuk setempat harus mengantongi minimal 144.209 dukungan.

"Kami masih melakukan proses sampai saat ini, nanti diberikan status apakah bisa dilanjutkan atau dikembalikan," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Visi Misi Asrilia

Sementara, Bakal Calon Wali Kota Surabaya Asrilia Kurniati menyatakan sudah mempersiapkan visi-misi yang poin utamanya adalah membangun perekonomian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Saya dan Cak Satria punya kesamaan, kami ingin membangun ekonomi Kota Surabaya," ucap Asrilia.

Selain itu, dia menyebut tim pemenangan pasangan Ning Lia dan Cak Satria pun sudah dibentuk di 31 wilayah kecamatan.

"Kami belum dikenal masyarakat, tanpa partai. Insya Allah kami ada niatan dan ikhtiar baik, maka Allah mendampingi kami," ucap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.