Sukses

Hindari Kepadatan, Ratusan Warga Madura Pilih Mudik Awal via Pelabuhan Tanjungwangi

Para pemudik ini dilayani dua kapal printis milik PT Pelni, yaktu KM Sabuk Nusantara 91 dan KM Sabuk Nusantra 92. Dua kapal tersebut melayani rute Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi menuju Pulau Sapeken, Pengerungan Besar, Kangean, Sapudi, Kalianget, dan Pulau Masalembo Madura.

Liputan6.com, Banyuwangi - Ratusan warga Sumenep, Madura, memilih mudik lebaran awal untuk menghindari kepadatan, melalui Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi.

Para pemudik ini dilayani dua kapal printis milik PT Pelni, yaktu KM Sabuk Nusantara 91 dan KM Sabuk Nusantra 92. Dua kapal tersebut melayani rute Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi menuju Pulau Sapeken, Pengerungan Besar, Kangean, Sapudi, Kalianget, dan Pulau Masalembo Madura.

Salah seorang pemudik asal Pulau Sapeken, Hari, mengatakan memihih mudik lebih awal untuk menghindari kepadatan dan penumpukan penumpang saat mendekati lebaran.

"Saya bersama keluarga memilih mudik lebih awal karena ingin menghindari kepadatan, dan jadwal keberangkatan kapal juga dua kali dalam seminggu jadi lebih memilih mudik lebih awal,”ujarnya, Rabu (27/3/2024).

Menurutnya, mudik lebih awal seperti ini lebih enak karena penumpang tidak terlalu banyak, sehingga dia bisa lebih nyaman dan tidak berdesak-desakan di dalam kapal.

“Kalau lebih awal begini enak, penumpang kapal masih tidak terlalu banyak sehingga di atas kapal lebih longgar dan tidak berdesak-desakan,"" ujarnya.

Pantauan Liputan6.com, para pemudik asal sejumlah kepulauan Madura tersebut tampak membawa barang-barang untuk dibawa ke kampung halaman. Pemudik kali ini paling banyak didominasi oleh santri yang menuntut ilmu di sejumlah pondok pesantren di Banyuwangi.

Sementara itu, Kasi Lala dan Usaha Kepelabuhan KSOP Tanjungwangi Banyuwangi, Budi Sanjoyo untuk kapal yang dioperasikan hari ini, KM Sabuk Nusantara 92.

Kapal tersebut kata dia,  menjadi kapal laut perdana di Pelabuhan Tanjungwangi  untuk angkutan Mudik Lebaran 2024.

“Saat ini yang tersedia yakni kapal sabuk Nusantara 92, Kapal ini yang perdana untuk angkutan mudik lebaran di Pelabuhan Tanjungwangi dan penumpang tujuan pulau Madura sudah mulai meningkat untuk mudik lebih awal,”paparnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah Pemudik Meningkat 50 Persen

Kata Budi, untuk jadwal keberangkatan dua kapal tersebut akan dioperasikan secara bergantian, menurutnya, setelah hari ini diberangkatkan, kapal kembali diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjungwangi pada 4 dan 9 April 2024.

“Untuk jadwal kapal akan beroperasi selama dua kali dalam seminggu. Nanti ada lagi KM Sabuk Nusantara 91 pada tanggal 4 April dan KM Sabuk Nusantara 92 pada 9 April,” tuturnya. 

Untuk KM Sabuk Nusantara 92 memiliki kapasitas maksimal 610 orang sedangkan untuk mudik perdana kali ini  penumpang yang terdaftar dalam manifes mencapai 550 penumpang.

Jumlah pemudik saat ini meningkat 50 persen dibandingkan pada hari- hari biasanya. Diperkirakan lonjakan penumpang akan terus terjadi hingga mendekati lebaran,” pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.